Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan Tol Akses Ibu Kota Nusantara (IKN) akan terintegrasi dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) sebelum Agustus 2024.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Tol Akses IKN akan terhubung dengan Jalan Tol Balsam tepatnya di KM 8-Kariangau. Dengan demikian, nantinya pengguna jalan tidak perlu melewati Tol Balsam hingga KM 33. Kemudian, menuju Sepaku dan masuk ke IKN Nusantara yang membutuhkan waktu kira-kira 1 jam 30 menit.

"Tol IKN sepanjang 27 kilometer (km) dari Kariangau sampai ke Jembatan Pulau Balang. Ini yang akan kami manfaatkan pada 17 Agustus 2024 sebanyak 3 lajur," kata Basuki dalam keterangan resminya, Senin, 13 Mei.

Adapun secara keseluruhan, progres pembangunan tol telah mencapai 81 persen dan diharapkan dapat digunakan secara fungsional sebelum pelaksanaan upacara 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara.

Saat ini, pelaksanaan konstruksi jalan tol terus berjalan, termasuk pekerjaan overpass, beautifikasi dan kelengkapan jalan tol.

Basuki menuturkan, secara keseluruhan tidak ada hambatan dalam pembangunan Tol Akses IKN, hanya perlu sedikit perhatian pada pembangunan jembatan Sungai Wain karena struktur tanahnya.

"Secara fisik tidak ada hambatan untuk pembangunan Tol IKN, tetapi ada sedikit di lokasi sini (Jembatan Sungai Wain), tetapi kami upayakan akan selesai semua Agustus 2024," ujarnya.

Sekadar informasi, pembangunan Jalan Tol Akses IKN yang saat ini sudah berjalan terdapat tiga seksi, yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km dengan progres mencapai 77 persen.

Berikutnya, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km dengan progres 80 persen dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km dengan progres sebesar 82 persen.