Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyambut baik kunjungan delegasi Japan International Cooperation Agency (JICA) dan perwakilan Pemerintah Kota Yokohama, Jepang, meninjau kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, pada Selasa, 24 Oktober.

Kunjungan ini untuk melihat kawasan IKN atas kerja sama antara Kementerian PPN/Bappenas dan Badan Otorita IKN, serta sebagai tindak lanjut atas ketertarikan dari para investor Singapura untuk berpartisipasi dalam pengembangan IKN Nusantara.

Kunjungan diawali dengan meninjau Rumah Teknologi Nusantara menuju Titik Nol IKN Nusantara yang menjadi referensi lokasi pembangunan berbagai infrastruktur di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Selanjutnya, rombongan mengunjungi rumah tapak menteri dan Menara Pandang Jalan Sumbu Kebangsaan Barat untuk melihat progres pembangunan Kawasan Istana Kepresidenan.

"Saat ini, kami fokus pada pembangunan infrastruktur dasar yang ditargetkan selesai 2024, selanjutnya akan terus secara bertahap," kata Kasi Pelaksanaan Wilayah II Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Timur Alfrits Steeve Willy Makalew dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Rabu, 25 Oktober.

Setelah melakukan tinjauan di kawasan KIPP IKN Nusantara, rombongan JICA dan Pemerintah Kota Yokoyama menuju Kota Balikpapan dengan melewati pembangunan Jalan Tol Akses menuju IKN.

Saat ini, Kementerian PUPR sendiri tengah menyelesaikan pembangunan jalan tol dari Balikpapan ke kawasan IKN Nusantara, guna mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan ke IKN Nusantara yang saat ini sekitar 2 jam.

Jalan tol ini terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) sehingga nanti setelah tersambung, diperkirakan waktu tempuh hanya sekitar 30-45 menit.

Adapun saat ini, pembangunan Jalan Tol IKN sudah berjalan 3 seksi, dam ditargetkan rampung pada pertengahan 2024 mendatang.