Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta pekerjaan beautifikasi Jembatan Pulau Balang di Ibu Kota Nusantara (IKN) rampung sebelum Agustus 2024. 

"Saya minta agar dipastikan pengecatan jembatan dan tata cahayanya diselesaikan sebelum Agustus," ujar Basuki saat meninjau Jembatan Pulau Balang di kawasan IKN seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu, 5 Juni.

Dalam kesempatan tersebut, Basuki juga meninjau pembangunan Jalan Tol IKN Nusantara yang menjadi akses menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). 

Rencananya, Jalan Tol IKN akan terhubung dengan ruas Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), tepatnya di KM 8-Kariangau. Sehingga, nantinya tidak perlu lagi melewati Tol Balsam hingga KM 33. Kemudian, menuju Sepaku dan masuk ke IKN Nusantara yang membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. 

"Jaringan jalan tol akses ini diharapkan dapat fungsional sebelum pelaksanaan upacara 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara," katanya.

Sekadar informasi, pembangunan jalan Tol IKN Nusantara yang sedang berjalan saat ini terdiri dari tiga seksi, yakni Tol 3A Karang Joang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km dengan progres mencapai 77,59 persen, Tol 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km dengan progres 86,09 persen dan Tol 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km dengan progres 83,62 persen.

Untuk meningkatkan konektivitas ke IKN, Kementerian PUPR juga membangun duplikasi Jembatan Pulau Balang bentang pendek berada sekitar 500 meter dari Jembatan Pulau Balang bentang panjang. Jembatan ini dibangun sejak Januari 2024 berdampingan dengan jembatan lama sepanjang 512 meter (m) yang progresnya telah mencapai 79,87 persen.

Duplikasi Jembatan Pulau Balang bentang pendek memiliki 4 pilar di zona laut dan 4 pilar di zona darat. Konstruksi jembatan dibiayai APBN tahun jamak 2023-2024 senilai Rp498 miliar. 

Adapun duplikasi jembatan Pulau Balang bentang pendek ini penting untuk melengkapi Jembatan Pulau Balang bentang pendek lama sekaligus menghubungkan Jembatan Pulau Balang bentang panjang yang sudah selesai pembangunannya.