Menteri PAN-RB Azwar Anas Ungkap Alasan Seleksi CPNS Digelar 3 Periode: Banyak Pendaftar Tak Penuhi Syarat
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas. (Foto: Theresia Agatha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 akan digelar tiga periode dengan berbagai tahapan seleksi.

Anas mengatakan, alasan dibalik penambahan periode untuk CPNS tersebut dikarenakan terkadang ada beberapa pendaftar yang tidak memenuhi syarat.

"Kami sampaikan tahun ini kalau biasanya tes CPNS hanya sekali setahun, tahun ini tes CPNS tidak sekali. Tapi, tiga kali. Kenapa?, Karena di satu angkatan CPNS tidak semua memenuhi target. Karena yang daftar 10.000, tapi yang memenuhi kualifikasi tidak sampai 50 persen," ujar Anas dalam konferensi pers 'Skema Pemindahan ASN ke Ibu Kota Nusantara (IKN)' di kantor Kominfo, Jakarta, Rabu, 17 April.

Dia menyebut, terkadang calon PNS yang mendaftar tidak dapat memenuhi kualifikasi hingga 50 persen. Dengan demikian, kuota CPNS yang telah disiapkan pun hangus.

"Tapi kalau sekarang, kira-kira (sampai) Maret tidak terpenuhi, kami isi lagi di bulan berikutnya sampai nanti Desember," kata Anas.

Menurut Anas, hal tersebut sudah tertuang dalam aturan ASN dan kini telah diperbolehkan.

Dengan demikian, diharapkan nantinya para fresh graduate yang lolos kualifikasi CPNS bisa segera dikirimkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Mudah-mudahan percepatan pengembangan CPNS IKN ini bisa segera terwujud dengan baik," imbuhnya.