Apple Diminta Bangun Pabrik HP di RI, Menperin Agus: Komponennya Sudah Siap
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan bahwa pemerintah terus mendorong komitmen dari Apple Inc. untuk membangun pabriknya di Indonesia.

Hal ini dia sampaikan usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi saat menerima CEO Apple Inc. Tim Cook di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 17 April.

Agus menyebut, bahwa industri di Indonesia telah memiliki ekosistem komponen handphone yang lengkap.

"Itu (komitmen membangun pabrik) juga yang ingin kami dorong. Sebetulnya komponen-komponen handphone itu sudah siap ada di Indonesia. Baterainya kabelnya dan lain-lain, itu kami akan coba business matching dengan Apple apakah mereka bisa menggunakan produk-produk dari dalam negeri yang sebetulnya kami sudah siap," kata Agus.

Pada kesempatan sama, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyampaikan pernyataan sama terkait mimpi besar Apple untuk membangun pabrik di Indonesia.

"Minta kepada Tim Cook (CEO Apple Inc) kalau bisa lebih banyak lagi komponen dari Apple ini untuk dibuat di Indonesia. Makanya, itu isunya namanya global supply chain. Makin banyak komponennya, makin bagus buat nilai tambah," ujarnya.

"Pokoknya Indonesia harus menjadi global supply chain," sambungnya.

Menurut Budi, ketika produk-produk Apple Inc telah bisa dibuat di Indonesia nantinya harga jualnya pun akan terbilang lebih murah, utamanya dari sisi pajak. "Ya, pasti dong kalau dibuat di sini pasti lebih murah pajaknya," imbuhnya.