Astra Infra Bakal Berikan Diskon Tarif Tol saat Arus Mudik Lebaran, Begini Bocorannya
Ilustrasi suasana perlintasan di GT Tol Cikupa, Tangerang-Merak saat dipadati kendaraan pemudik. (Foto: Dok. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - PT Astra Toll Nusantara (Astra Infra) bakal memberikan diskon tarif pada sejumlah ruas yang dikelolanya saat mudik Lebaran 2024.

Hal tersebut sebagai upaya perusahaan dalam mengurangi kepadatan atas potensi lonjakan arus mudik dan balik selama periode tersebut.

"Harapannya, inisiatif yang kami lakukan dapat efektif memberikan dampak bagi kelancaran mudik Lebaran tahun ini," ujar Group Chief Operating Officer Astra Infra Billy Perkasa Kadar dalam keterangan resminya, Senin, 25 Maret.

Astra infra tengah fokus berkoordinasi di internal dan dengan stakeholders terkait untuk mempersiapkan perjalanan arus mudik yang lancar, aman dan nyaman.

Terkait detil besaran serta periode diskon, Astra Infra sedang melakukan evaluasi dan diskusi dengan pihak-pihak terkait agar tujuan mengurai kepadatan arus tersebut dapat tercapai secara optimal.

Diketahui, ada enam ruas tol yang dikelola oleh Astra, yaitu Tol Tangerang-Merak, Tol Jombang-Mojokerto, Tol Kunciran-Serpong, Tol Semarang-Solo, Tol Serpong-Balaraja dan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Selain itu, untuk mengantisipasi kepadatan menuju Pelabuhan Merak, telah disiapkan peningkatan layanan lalu lintas melalui manajemen trafik, penyiapan lajur-lajur utama arus ke Gerbang Tol Merak, Cilegon Timur dan dukungan delaying system.

Khusus untuk mengantisipasi kepadatan di Tol Cikopo-Palimanan, telah disiapkan mekanisme rekayasa lalu lintas, bekerjasama dengan Korlantas Polri dan Polda setempat.

"Selain itu, untuk mengurai kepadatan di gerbang tol telah disiapkan juga mobile reader di ruas Jombang-Mojokerto," katanya.

"Jika rest area penuh, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol, untuk kemudian kembali masuk