Kementerian PUPR Rampungkan Duplikasi Jembatan Kapuas I di Kalbar Senilai Rp275,5 Miliar
Kementerian PUPR rampungkan duplikasi Jembatan Kapuas I yang berada di Pontianak, Kalimantan Barat. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merampungkan Duplikasi Jembatan Kapuas I yang berada di Pontianak, Kalimantan Barat, pada Kamis, 21 Maret.

Adapun jembatan sepanjang 430 meter (m) dengan lebar 8 m tersebut telah selesai dikerjakan oleh Kementerian PUPR dengan anggaran sebesar Rp275,7 miliar.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, pembangunan Duplikasi Jembatan Kapuas I dilakukan dalam rangka mengurai kemacetan di jaringan jalan kota Pontianak.

"Alhamdulillah setelah diresmikan Presiden Jokowi, jembatan siap dioperasikan. Mengenai pengaturan lalu lintas akan kami serahkan kepada Dinas Perhubungan setempat," ujar Hedy dalam keterangan tertulisnya, dikutip Jumat, 22 Maret.

Kementerian PUPR selanjutnya juga akan menangani beberapa hal terkait pengoperasian Duplikasi Jembatan Kapuas I.

"Nanti, kami akan memperlebar jalan terusan dari jembatan ini menjadi 4 lajur, saat ini sudah kami programkan di SBSN. Semoga tahun ini bisa kami mulai dan paling lambat tahun depan kami juga lakukan penataan simpang untuk manuver truk kontainer," katanya.

Sementara itu, Direktur Pembangunan Jembatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Budi Harimawan juga menambahkan, selain mengurangi kemacetan, Duplikasi Jembatan Kapuas I ini juga akan mengurangi beban jembatan lama yang telah beroperasi sejak 1982.

"Duplikasi Jembatan Kapuas I ini dibangun dengan rangka baja dan diselesaikan dalam waktu 570 hari dengan masa pelaksanaan Agustus 2022-Maret 2024. Adapun kontraktor pelaksananya adalah PT Wijaya Karya," tuturnya.