Bagikan:

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) menyebut, akan ada 4 ruas tol fungsional saat arus mudik Lebaran 2024.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, hal ini sebagai upaya JSMR untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas.

"Untuk tol fungsional pada tahun ini yang jadi favorit di Jogja-Solo. Ini terdapat penambahan panjang ruas fungsional dari Colomadu sampai Ngawen sepanjang 22,3 kilometer (km) dari sebelumnya Kartasura-Karanganom sepanjang 13 km," ujar Lisye dalam konferensi pers di kantornya, Kamis, 21 Maret.

Lisye mengatakan, jalur fungsional ini akan tersambung ke Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali, kemudian ke Jalan Nasional Yogya-Solo. Jalur fungsional ini akan beroperasi pada pukul 06.00 sampai 17.00 WIB pada periode arus mudik (5-11 April 2024) dan periode arus balik (12-15 April 2024) serta dibuka hanya untuk kendaraan golongan 1 non bus.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat, sampai hari ini (Tol Jogja-Solo) direncanakan (fungsional) pada H-5 atau 5 April dan sudah ada jadwal dari jam 06.00 sampai 17.00 WIB. Jadi, para pengguna jalan dan pemudik bisa merencanakan perjalanannya. Jadi, pada malam hari ruas fungsional ini tidak dibuka," katanya.

Untuk ruas kedua yang fungsional adalah Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan, yakni segmen Sadang hingga Kutanegara sepanjang 8,5 km.

Lisye menjelaskan, segmen ini akan dioperasikan secara situasional sesuai diskresi kepolisian untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas pada saat arus balik, tepatnya dari arah Bandung dan sekitarnya menuju Jabotabek melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Tol Japek II Selatan disiapkan fungsional saat arus balik karena dia jalur kiri dari Bandung menuju Jakarta, seperti periode sebelumnya yang sifatnya dibuka jika lalu lintasnya mengalami peningkatan di titik tertentu," tuturnya.

Ketiga, Jasa Marga akan mengoperasikan fungsional tambahan 1 lajur (2 lajur menjadi 3 lajur) di Jalan Tol Palikanci KM 208+150 sampai KM 210+190 (sepanjang 2,04 km). Terakhir, Jasa Marga juga akan mengoperasikan fungsional akses tol KM 99 Jalur A dan B Jalan Tol Cipularang, baik arah Jakarta maupun arah Bandung.