Tol Fungsional Solo-Jogja Mulai Beroperasi 15 April
Peninjauan ruas tol Solo-Jogja oleh PT Jasa Marga di Boyolali, Kamis (13/4/2023). ANTARA/Denik Apriyani

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Utama PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Suchandra Hutabarat menjamin Tol fungsional Solo-Jogja mulai beroperasi tanggal 15 April.

"Saat ini dalam proses pengerjaan tapi ruas Kartasura-Sawit (STA 0+600 s/d6+100) akan beroperasi dari arah Kartasura menuju Sawit mulai tanggal 15-24 April 2023," kata Suchandra di Karanganyar dilansir ANTARA, Kamis, 13 April.

Selanjutnya akan beroperasi sebaliknya, yakni dari arah Sawit menuju Kartasura mulai 25 April-1 Mei 2023.

"Jalur fungsional hanya difungsikan pada pukul 06.00-17.00 WIB," katanya.

Dia mengatakan jalur fungsional Lebaran ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan roda empat berukuran kecil tanpa dipungut biaya.

Sekitar 800-1.000 kendaraan diperkirakan akan melintasi jalur fungsional tersebut setiap harinya. Terkait dengan persiapan, saat ini pihaknya sedang memasang rambu lalu lintas, kamar mandi darurat, dan pembatas jalan.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Usaha PT Jasa Marga Agus Setiawan mengatakan Jasa Marga akan memfungsionalkan sebagian ruas untuk menuju Lebaran dengan panjang 6 km.

"Harapan kami dengan dioperasionalkan fungsional ini bisa membantu kelancaran lalu lintas jelang Lebaran dan setelah Lebaran, ruas menuju Yogyakarta, yakni dari Kartasura sampai lokasi sekitar Sawit," katanya.

Dia juga berharap melalui upaya tersebut Jasa Marga Grup dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Sekaligus masyarakat bisa mengetahui bahwa saat ini di wilayah Jogja-Solo dan Bawen-Jogja melakukan pembangunan jalan tol," katanya.