Menteri Basuki Lantik Komisioner dan Deputi Komisioner BP Tapera 2024-2029
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat melantik Komisioner dan Deputi Komisioner BP Tapera periode 2024-2029. (Foto: Theresia Agatha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melantik Komisioner Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) periode 2024-2029.

Acara pelantikan berlangsung di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu, 13 Maret.

Dalam prosesi pelantikan, Basuki yang merupakan Ketua Komite Tapera turut didampingi oleh anggota Komite Tapera yang terdiri dari Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah serta Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Friderica Widyasari Dewi.

Pelantikan tersebut merupakan tindak lanjut dari Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 14 Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Komisioner dan Deputi Komisioner Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 12 Februari 2024.

Sebelumnya, Ketua Komite Tapera telah menyampaikan surat usulan kepada Presiden Jokowi terkait pemberhentian dengan hormat Komisioner dan Deputi Komisioner (KDK) BP Tapera dan pengangkatan Komisioner dan Deputi Komisioner periode 2024-2029 berdasarkan hasil seleksi terbuka.

Heru Pudyo Nugroho terpilih menjadi Komisioner untuk periode 2024-2029. Kemudian, Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera ditempati oleh Sugiyarto, Deputi Komisioner Bidang Pemupukan Dana Tapera yakni Doddy Bursman, Deputi Bidang Pemanfaatan Dana Tapera yakni Sid Herdi Kusuma dan Deputi Komisioner Bidang Hukum dan Administrasi adalah Wilson Lie Simatupang.

Adapun nama-nama tersebut memiliki masa tugas periode 2024-2029, terhitung mulai 13 Februari 2024.

"Pada hari ini, saya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat selaku Ketua Komite Tapera, atas nama negara dan pemerintah dengan ini secara resmi melantik saudara dalam jabatan yang baru di BP Tapera. Saya percaya saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan," ujar Basuki.

Pada kesempatan sama, Menkeu Sri Mulyani menyampaikan terima kasih kepada Komisioner dan Deputi Komisioner BP Tapera masa jabatan 2019-2024 atas kerja samanya.

Mengingat, mereka juga terlibat dalam upaya memupuk dan menyalurkan pembiayaan perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di awal masa pembentukan Tapera. Dia juga mengucapkan selamat atas pelantikan Komisioner dan Deputi Komisioner yang baru.

"Saya harap bapak-bapak sekalian dapat menjalankan amanah serta kepercayaan yang diberikan dengan penuh tanggung jawab. Dengan dedikasi tinggi dan penuh integritas serta profesionalitas yang tidak diciderai oleh apa pun," ungkapnya.