Bapanas Siapkan Cadangan Pangan Jelang Ramadan hingga Idulfitri 2024
Beras (foto: dok Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengungkapkan pemerintah akan menyiapkan cadangan 12 komoditas pangan pokok untuk menghadapi bulan Ramadan hingga Idulfitri 2024. Tujuannya untuk menjamin kecukupan pasokan.

Adapun 12 komoditas pangan pokok itu meliputi beras, jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi/kerbau, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir, dan minyak goreng.

Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan Bapanas Rachmi Widiriani mengatakan cadangan pangan pemerintah yang 12 komoditas ini akan dirilis gencar menjelang Ramadan sampai Lebaran.

“Tuuannya adalah supaya di pasar, di market bahan pangan cukup dan masyarakat mudah mendapatkannya,” jelas Rachmi dalam diskusi bertajuk, “Persiapan Ramadan, Kondisi Harga Bahan Pokok” di Jakarta, Senin, 4 Maret.

Langkah tersebut, sambung Rachmi, sesuai dengan asil Rapat Koordinasi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Puasa dan Idulfitri 1445 Hijriah yang digelar hari ini.

“Salah satu yang diputuskan di Rakor tadi pagi adalah menggiatkan seluruh provinsi dan kabupaten/kota untuk melaksanakan gerakan pangan murah (GPM) dan itu memang dikoordinasi dari Bapanas,” tuturnya.

Dengan adanya program GPM, Rachmi berharap masyarakat bisa membeli bahan pangan murah. Sehinga masyarakat hanya tingal mengikuti update kegiatannya dimana kemudian program ini digelar.

Lebih lanjut, Rachmi bilang harga pangan di GPM akan dikontrol oleh pemerintah karena sudah melibatkan sebagian cadangan pangan dari mitra, asosiasi, BUMN, dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

“Jadi harganya pasti lebih terjangkau untuk memudahkan masyarakat mendapatkan bahan pangan khususnya yang 12 ini saat HBKN,” pungkasnya.