Sah! Vale Resmi Lepas 14 Persen Sahamnya ke MIND ID
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Vale Indonesia (INCO) secara resmi telah melepas 14 persen kepemilikan sahamnya kepada holding BUMN Tambang, MIND ID melalui Signing of Definitive Transaction Agreements for the Acquisition of PTVI Shares yang berlangsung pada Senin 26 Februari 2024 di Hotel Pullman Jakarta.

Adapun harga per lembar saham yang dilepas adalah sebesar Rp3.050 per lembar saham.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam sambutannya mengatakan, proses divestasi saham Vale merupakan perjalanan panjang dan pelepasan saham ini akan menjadikan RI sebagai pemegang saham terbesar Vale.

Dalam proses divestasi ini, Luhut memastikan tidak ada penciutan lahan atau relinquish.

"Kenapa kita setuju tidak ada relinquish karena kita ingin (Vale) menjadi model dunia bahwa lingkungan di Vale sangat baik. Ini juga jadi tanda penting dalam hilirisasi RI ke depannya terutama untuk supply produk turunan nikel ke pasar Eropa dan Amerika," ujar Luhut dalam sambutannya, Senin 26 Februari.

Sementara terkait investasi yang dikeluarkan untuk divestasi ini adalah sebesar 300 juta dolar AS.

"Kira-kira 300-an juta dolar, dan itu dibayar selesai Juni tahun depan dan ada yang melalui mekanisme pasar modal," ujar Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso kepada media sesai penandatanganan tersebut.

Adapun penandatanganan ini dilakukan oleh MIND ID, Vale Kanada dan Sumitomo Metal Mining dan disaksikan oleh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menkomarves Luhut Pandjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir.