Kronologi Kecelakaan KA Turangga Vs KRL Bandung Raya Versi KNKT
Plt Kabuskom IK Perkeretaapian KNKT Gusnaedi Rachmanas. (Foto: Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengungkapkan kronologi lengkap hasil investigasi terkait kecelakaan Kereta Api (KA) Lokal Bandung Raya dengan KA Turangga, di jalur tunggal (single track) km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur dengan Stasiun Cicalengka pada 5 Januari 2024 lalu.

Plt Kabuskom IK Perkeretaapian KNKT Gusnaedi Rachmanas mengatakan, Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) Stasiun Cicalengka awalnya mengirimkan informasi keberangkatan KA 121 Malabar di Stasiun Haurpugur.

Kemudian, pada 05.41 WIB Stasiun Haurpugur menerima informasi keberangkatan KA Malabar dari Stasiun Cicalengka. Pada pukul 05.46 WIB terdapat KA 65A Turangga melintas langsung Stasiun Nagreg menuju Staisun Cicalengka.

PPKA Stasiun Haupugur pun menghubungi PPKA Stasiun Cicalengka untuk mengecek posisi KA Turangga dan persilangan blok KA Lokal Bandung Raya melalui telepon blok.

Gusnaedi bilang pada posisi ini, Pengatur Pejalanan Kereta Api (PPKP) memberikan sinyal aman kepada PPKA Stasiun Cicalengka. Pemberian blok aman ke arah Stasiun Cicalengka ini diberikan saat sedang berlangsung proses keberangakatan KA 121 Malabar di Stasiun Haurpugur dari arah Stasiun Cicalengka.

“Nanya KA Turangga posisi di mana, persilangan dimana yang bertanya itu dari Stasiun Haurpugur ke Cicalengka, itu menjawab tunggu sebentar saya tanyakan pusat kendali,” ucapnya dalam konferensi pers, di kantor KNKT, Jakarta, 16 Februari.

“Kemudian, PPKA Stasiun Cicalengka menanyakan persilangan KA 65A Turangga kepada PPKP via telepon TOKA. Jawaban pusat kendali normal di Stasiun Haurpugur,”sambungnya.

Gusnaedi mengatakan PPKA Stasiun Cicalengka berusaha menghubungi PPKA Stasiun Haurpugur menggunakan TOKA sebanyak tiga kali. Namun, telepon tersebut tidak diangkat PPKA Stasiun Haurpugur.

Lebih lanjut, Gusnaedi bilang, hal tersebut lantaran petugas PPKA tengah berada di peron depan ruangan dan melakukan Semboyan 1 untuk KA Malabar berjalan langsung di Jalur I.

“Namun pada saat KA Malabar berangkat kan ada pelayanan dilakukan di Haurpugur. Pada saat itu ruangan kosong, pada saat pelayanan itu Cicalengka menelepon menyampaikan pertanyaan yang ditanyakan PPKA Haurpugur dimana persilangan KA 65 Turangga,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Gusnaedi, PKKA Haurpugur kembali ke ruang PPKA dan mengoperasikan layar monitor setelah PPKA Stasiun Cicalengka menulis proses pencatatan pelayanan KA Malabar.

“Pada saat itu muncul sinyal langsung secara sistem seolah-olah ke arah Cicalengka aman. Bisa dilewati KA maksudnya. Tadi kan beliau sudah tanya posisi KA, jadi seolah-olah pertanyaan yang tadi dijawab oleh sistem,” tuturnya.

“Seolah-olah kuning tadi pada saat info yang dikirim dari Stasiun Haurpugur ke Cicalengka ada mengirim info lewat kabel fiber optik tadi,” sambungnya.

Pada pukul 05.51 WIB, PPKA Haurpugur membentuk rute untuk kedatangan KA 350 CL Bandung Raya masuk dan berhenti di Jalur II Stasiun Haurpugur. Kemudian, PPKA Stasiun Haurpugur melakukan semboyan 40 untuk KA Lokal Bandung Raya di peron depan ruangan PPKA.

Lalu, pukul 05.52 KA 350 CL Bandung Raya mulai berjalan dari Jalur II. Pukul 05.53, pada saat KA Lokal Bandung Raya menduduki track 14AT (tanda awal blok arah Stasiun Cicalengka), Stasiun Haurpugur mengirim warta lepas KA Lokal Bandung Raya ke Stasiun Cicalengka.

Setelah Stasiun Haurpugur mengirim sinyal warta lepas atau info berangkat KA Lokal Bandung Raya ke Stasiun Cicalengka, indikator blok mekanik Stasiun Cicalengka berubah menunjukkan warna putih yang mengidikasikan bahwa petak jalan ke arah Stasiun Haurpugur aman untuk dilalui kereta api.

Sementara, ujar Gusnaedi, PPKA Stasiun Cicalengka sedang melayani rute langsung KA Turangga. Setelahnya, petugas stasiun tersebut menulis warta KA.

Sedangkan di Stasiun Haurpugur, sambung Gunaedi, KA Lokal Bandung Raya telah melewati track 14BT (tanda akhir blok arah St. Cicalengka) pada pukul 05.55 dan diberangkatkan kembali pukul 05.56 WIB. Kemudian PPKA Stasiun Cicalengka duduk menulis warta KA.

“Pukul 05.59 WIB, KA 65A Turangga melintas langsung Stasiun Cicalengka menuju Stasiun Haurpugur. Terjadi tabrakan antara KA lokal Bandung raya dengan KA 65A Turangga di KM 181+700 petak jalan Stasiun Cicalengka-Stasiun Haurpugur,” jelasnya.