Gelar F1 PowerBoat Lagi, Pemerintah Incar Dampak Ekonomi hingga Triliunan Rupiah
Konferensi Pers F1 Powerboat (Foto: Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Holding BUMN Pariwisata dan Pendukungnya, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney kembali menjadi tuan rumah kejuaraan dunia F1 PowerBoat. F1Powerboat 2024 ini ditargetkan akan memberikan multiplier effect yang lebih besar dibanding tahun lalu.

F1Powerboat 2024 di Danau Toba rencananya akan diselenggarakan di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada 2 hingga 3 Maret 2024. Sebanyak 18 pembalap internasional dari sekitar 10 negara akan mengikuti F1Powerboat di Danau Toba ini.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan penyelenggaraan ajang F1 PowerBoat ini akan memberi manfaat ekonomi hingga triliunan rupiah pada perekonomian negara.

“Dampak ekonomi karena event F1 PowerBoat Danau Toba tahun lalu telah memberikan dampak ekonomi Rp1,68 triliun. Dan berhasil mendatangkan 100.000 wisatawan,” ucap Luhut dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Marves, Jakarta, Rabu, 7 Februari.

Sementara itu, Direktur Utama InJourney, Donny Oskaria mengatakan di penyelenggaraan F1 PowerBoat Danau Toba yang kedua ini, InJourney akan lebih menonjolkan budaya Batak, melalui berbagai penampilan tradisi Batak.

“Belajar dari dua penyelenggaraan bahwa sekarang Danau Toba sangat dikenal di luar negeri, kita harapkan ini tak hanya masyarakat mengenal keindahan Danau Toba, tapi juga budaya Batak kita tonjolkan. Ini perbedaan yang signifikan. Dari tahun ke tahun kita selalu meningkatkan kualitas penyelenggaraan,” ujar Donny.

Tiket Bakal Dibanderol Mulai Rp50.000

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Pariwisata InJourney, Maya Watono mengatakan untuk harga tiket penonton F1 PowerBoat masih dikaji. Namun, Maya bilang harganya tak berbeda jauh dengan tahun lalu yang berkisar Rp50.000 sampai Rp500.000.

“Sedang kita kaji, akan kita announce. Karena kita belajar dari event sebelumnya, mungkin akan kita announce 1 minggu ke depan. Gak akan beda jauh dari tahun lalu,” ucap Maya.

Maya bilang InJourney juga memastikan kesiapan akomodasi di sekitar lokasi penyelenggaraan F1 PowerBoat 2024 ini. Mulai dari ketersediaan kamar di hotel-hotel atau villa, hingga penambahan frekuensi penerbangan.

“Dengan event-event berikutnya ini pasti pembangunan hotel, villa-villa, rumah warga juga kita akan perbanyak. Kita tak hanya di daerah Balige, kita mengupayakan akomodasi yang lebih. Tapi memang ekonomi dan pembangunan di daerah Balige ini meningkat,” ujar Maya.

Untuk penerbangan, sambung Maya, InJourney telah berkoordinasi dengan maskapai penerbangan pelat merah untuk menambah frekuensi menjelang perhelatan dan juga pada hari perhelatan.

“Kita pasti akan menambah penerbangan menjelang event. Riders akan berdatangan juga di tanggal 21-23 Februari. Kita akan tambah penerbangan domestik dan internasional, Silangit maupun Kualanamu,” ucapnya.

“Jumlahnya kita akan ikuti tren, jadi kita akan pantau. Kita kerja sama dengan Garuda, Pelita, Citilink untuk menambah penerbangan,” sambung Maya.