Presiden Jokowi Ingin Menarik Balapan F1 Masuk ke Indonesia: Mungkin Tahun Depan
Presiden Jokowi (tengahO memberikan keterangan pers seusai menyaksikan F1 Powerboat Danau Toba 2023. (Foto: Kemenpora/Rifky)

Bagikan:

TOBA - Rencana besar tengah dipersiapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk sektor olahraga. Orang nomor satu di Indonesia ingin menghadirkan ajang balap mobil paling bergengsi di dunia, Formula One (F1).

Keinginan itu disampaikan Presiden Jokowi setelah menyaksikan F1 Powerboat Danau Toba 2023 di Balige, Sumatera Utara, Minggu, 26 Februari.

Dia mengatakan, saat ini pemerintah tengah menjajaki semua kemungkinan. Satu di antaranya adalah membawa balapan F1 ke Indonesia.

"Semua kita jajaki karena membawa brand-brand kuat seperti F1 Powerboat ini tidak mudah. Kita ingin menarik Formula 1 untuk masuk ke Indonesia, mungkin tahun depan," ujarnya dalam laman presidenri.go.id.

"Ini baru penjajakan, baru menyiapkan tim untuk menuju ke sana," lanjutnya.

Presiden Jokowi menilai, ajang internasional seperti F1 bisa membangun jenama dari daerah yang menyelenggarakannya serta memacu pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

"Di sini, di Danau Toba ada F1 Powerboat, nanti di Mandalika ada MotoGP, di Jakarta ada Formula E, nanti di Mandalika ada Superbike, saya kira ini akan men-trigger ekonomi di daerah. Sangat bagus," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Meski belum ada pebalap Indonesia yang ikut ambil bagian, Presiden Jokowi menyebut gelaran balap internasional juga telah memberikan dampak bagi destinasi wisata super prioritas di Indonesia.

"Nanti beberapa event kita akan bisa memiliki tim-tim seperti yang tadi kita lihat. Tapi paling tidak ini bisa memberikan event besar pada destinasi-destinasi wisata super prioritas di negara kita," jelas Presiden Jokowi.