Bagikan:

JAKARTA - Balap perahu super cepat F1 Powerboat Lake Toba yang digelar di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Sumatera Utara (Sumut), pada tanggal 24-26 Februari 2023, membawa berkah dan berdampak pada peningkatan perekonomian bagi warga setempat.

Dampak positif kehadiran F1 Powerboat dirasakan langsung oleh masyarakat, seperti yang dirasakan oleh Ari Hutajulu, pemilik indekosan di Jalan Patuan Nagori, Balige. Ia mengaku balapan internasional yang baru pertama kali digelar di Danau Toba itu sangat membawa dampak positif bagi dirinya dan masyarakat sekitar, karena banyaknya wisatawan yang datang.

Selama berlangsungnya F1 Powerboat, 10 unit kamar indekos yang dimilikinya penuh dipesan. Rata-rata pemesan adalah wisatawan dari Kota Medan selain untuk berwisata ke Danau Toba, juga untuk menyaksikan F1 Powerboat.

"Cukup banyak wisatawan yang memesan kamar selama tiga hingga empat hari. Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah yang telah menggelar acara internasional ini di Balige, karena kami merasakan dampak positifnya," ujarnya, dikutip Antara.

Hal serupa juga dirasakan oleh Cory Napitupulu, penjual nasi di Balige, yang mengaku sangat merasakan dampak positif dari digelarnya F1 Powerboat. Banyak wisatawan yang membeli makanan di warung nasinya, seperti nasi goreng, mi goreng, dan lainnya.

Dalam dua hari ini, penjualan makanannya meningkat dengan adanya wisatawan dari luar daerah yang datang untuk menonton balapan tersebut.

Kepala Dinas Kominfo Sumut, Ilyas Sitorus, menyatakan bahwa F1 Powerboat Lake Toba 2023 akan memberikan multiplier effect bagi Toba, seperti peningkatan pendapatan daerah, peningkatan hunian hotel, dan peningkatan omzet bisnis penyewaan kendaraan.

"Banyak manfaat yang dirasakan masyarakat sekitar. Namun, tentunya yang perlu diperhatikan adalah bagaimana agar layanan yang diberikan kepada wisatawan dapat terus ditingkatkan," tuturnya.

Diharapkan dengan digelarnya F1 Powerboat Lake Toba di Sumatera Utara, akan semakin meningkatkan perekonomian daerah serta membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar.