Banyak Mahasiswa Terjebak Pinjol, Pegadaian Siapkan Solusi: Salah Satunya Menabung Emas Rp15.000 per Hari
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Pegadaian (Persero) menawarkan solusi bagi mahasiswa yang kesulitan melunasi tagihan kuliahnya. Apalagi belum lama ini media sosial diramaikan dengan skema pembayaran uang kuliah melalui pinjaman online (pinjol).

Direktur Utama Pegadaian Damar Latri Setiawan mengatakan jika pihaknya memiliki program Gadai Peduli yakni layanan pinjaman bebas bunga untuk transaksi gadai.

"Mahasiswa kalau gadai di Pegadaian itu gratis kalau di bawah Rp1 juta. Kadang Rp1 juta, kadang Rp2 juta tergantung situasi," ujar Damar dalam konferensi pers di Jakarta, 6 Februari.

Dikatakan Damar, Pegadaian juga melakukan edukasi bagi mahasiswa untuk mulai menabung emas dari nominal yang paling kecil. Menurut Damar, Pegadaian membuka tabungan emas dari nominal Rp15.000.

"Nabung sehari Rp15.000 boleh. Kami edukasi. Daripada kamu rokok mending nabung emas aja. Sewaktu dia butuh bisa dapatkan pinjaman tanpa bunga," beber Damar.

Solusi lain yang ditawarkan adalah mahasiswa bisa menjadi agen komunitas pegadaian yang saat ini jumlahnya mencapai 200 ribu agen di selruuh Indonesia.

Dengan menjadi agen komunitas, mahasiswa hanya perlu membawa 1 orang nasabah haji dan akan memperoleh fee sebesar Rp250 ribu.

"Bayangkan (bawa) 25 orang dia sudah bisa bayar SPP satu semester. Itu menarik sekali," pungkas Damar.