Cara Menabung Emas di Pegadaian Terbaru 2023, Praktis Banget!
Cara Menabung Emas di Pegadaian (Gambar Zlaťáky.cz - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mempunyai profesi tetap dan penghasilan yang besar bukan jaminan jika kehidupanmu akan bagus-bagus saja di masa akan datang. Adakalanya, ada banyak hal tidak terduga terjadi yang menguras isi tabungan. Supaya masa depan terjamin, mulailah berinvestasi mumpung umur masih muda. Apa wujud investasinya, mau deposito, tanah, reksa dana, saham, dan emas. Yuk cari tahu cara menabung emas di pegadaian!

Salah satu ragam investasi rentang panjang yang banyak digandrungi para pemula yakni emas. Kekebalannya kepada inflasi menjadi kekuatan tarik tersendiri, sehingga permintaan investasi emas mengalami kenaikan seiring berjalannya waktu. Berminat untuk investasi emas?

Cara Menabung Emas di Pegadaian

Sebelum membahas perihal sistem menabung emas Pegadaian, berikut sebagian persyaratan menabung emas yang semestinya dilengkapi.

Melampirkan identitas yang masih berlaku, seperti KTP atau SIM atau paspor

Mengisi formulir pembukaan rekening tabungan emas Pegadaian

Membayar tarif transaksi tabungan emas sebesar Rp10.000 untuk pembukaan rekening di kantor Pegadaian, dan Rp0 untuk Pegadaian komputerisasi

Cara ke dua melalui kantor cabang Pegadaian 

  • Siapkan syarat dan ketentuan yang ditetapkan untuk membuka tabungan emas Pegadaian
  • Isi formulir pembukaan rekening tabungan emas
  • Bayar biaya administrasi untuk pembukaan rekening di kantor Pegadaian sebesar Rp10.000, sedangkan untuk penyimpanan sebesar Rp30.000 per 12 bulan
  • Rekening tabungan emas akan diberikan kepadamu
  • Lakukan pembelian emas minimal 0.01 gram

Secara Online

  • Unduh aplikasi Pegadaian Digital pada smartphone milikmu
  • Lakukan registrasi
  • Pilih menu “tabungan emas”
  • Isi formulir pendaftaran dengan data yang benar dan valid, lalu pilih cabang untuk pembukaan rekening
  • Pilihlah metode pembayaran
  • Selesaikan pembayaran sesuai petunjuk yang ditetapkan
  • Jika sudah selesai, kamu bisa ambil buku rekening tabungan emas di kantor cabang yang sebelumnya dipilih

Sekiranya emas telah banyak, Anda bisa mencetaknya menjadi bentuk fisik. Pencetakan bisa dikerjakan dalam wujud emas Antam, UBS, Galeri 24, UBS Disney, Lotus Archi, dan Dinar. Alternatif Dinar bisa ditukarkan menjadi kepingan, mulai dari 1, 2, 5, 10, 25, 50, 100, 250, 500, dan 1000 gram. Pencetakan emas bisa dikerjakan di kantor cabang Pegadaian daerah Anda membuka rekening tabungan emas. Bawa kartu identitas dan buku tabungan emas. 

1 gram emas di Pegadaian berapa?

Menurut data di website Pegadaian, harga emas 24 karat cetakan Antam ukuran 1 gram dipasarkan sebesar Rp1.080.000, stagnan jika dibandingi dengan perdagangan sebelumnya. Sementara, harga emas cetakan UBS ukuran 1 gram dibanderol sebesar Rp1.051.000.

Berapa minimal menabung emas di Pegadaian?

Ada dua metode menabung emas di Pegadaian untuk pemula, yaitu dapat lewat outlet dan aplikasi Pegadaian Komputerisasi. Nasabah dapat menabung emas dengan berat mulai 0,01 gram saja

Apakah uang tabungan emas di Pegadaian bisa diambil?

Sistem mencairkan tabungan emas di Pegadaian yang satunya lagi yaitu dengan mengajukan pencetakan emas fisik terhadap Pegadaian. Untuk pengajuannya bahkan terbilang tak susah. Anda bisa mengajukan pencetakan via aplikasi Pegadaian Digital.

Jadi setelah mengetahui cara menabung emas di pegadaian, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!