IHSG Diproyeksi Bergerak Sideways Hari Ini, 6 Saham Direkomendasikan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bergerak sideways pada perdagangan hari ini, Selasa 5 Februari, setelah parkir di zona merah kemarin.

Phintraco Sekuritas dalam risetnya mengatakan IHSG diprediksi bergerak sideways karena pasar masih mencerna realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"IHSG diperkirakan kembali bergerak sideways dalam rentang 7.175-7.250 pada Selasa. Secara teknikal, Stochastic RSI mulai bergerak turun dari overbought area bersamaan dengan pergerakan Senin," tulis Phintraco Sekuritas.

Pada perdagangan hari ini, Phintraco Sekuritas memprediksi level resisten IHSG berada di 7.330, sedangkan level pivot di 7.250, dan level support di 7.175.

Adapun, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk keseluruhan tahun 2023 sebesar 5,05 persen year-on-year (yoy) pada Senin, 5 Februari. Namun, pertumbuhan ekonomi tahun 2023 ini melambat dibandingkan pertumbuhan ekonomi sepanjang 2022 di angka 5,31 persen.

Faktor lain yang menekan IHSG adalah kecenderungan pasar untuk lebih berhati-hati di pekan pendek ini karena libur panjang akhir pekan. Sementara itu China dijadwalkan rilis data inflasi pada Kamis 8 Februariyang berpotensi mempengaruhi pergerakan indeks-indeks regional di akhir pekan ini.

Alhasil, dengan sederet sentimen tersebut, Phintraco Sekuritas merekomendasikan saham top picks yang dapat dicermati pada Selasa hari ini, di antaranya yaitu ESSA, KLBF, DSNG, AKRA, MAPA dan SSMS.