Perpanjangan Rute Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, Bos KCIC: Fase I Dibangun sampai Yogyakarta
Kereta cepat (foto: antara)

Bagikan:

JAKARTA - Proyek kereta cepat dipastikan akan diperpanjang. Jika sebelumnya sudah Jakarta-Bandung, rute lanjutannya adalah Jakarta-Surabaya. Rencananya, fase I akan dibangun sampai Yogyakarta terlebih dahulu.

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi bilang pihaknya sedang menggodok perencanan pembangunannya. Dia bilang, untuk tahap awal ini proyek tidak akan langsung menyambungkan Jakarta dengan Kota Pahlawan.

Kata dia, di tahap awal ini perpanjangan rute kereta cepat kemungkinan akan digarap sampai DI Yogyakarta terlebih dahulu.

“Dalam beberapa kesempatan ada Pak Presiden, Pak Luhut (Menko Marves), Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, semuanya menyampaikan bahwa ada rencana untuk extend sampai surabaya. Mungkin tahapannya ke Yogyakarta dulu,” katanya kepada wartawan di Jakarta, ditulis Jumat, 26 Januari.

Lebih lanjut, Dwiyana pun menjelaskan kenapa perpanjangan rute tidak langsung sampai Surabaya. Menurut dia, hal ini karena masalah biaya dan waktu pembangunan proyeknya.

“Ada kemungkinan begitu. Kan kalau sampai Surabaya mungkin masalah waktu, masalah biaya. Kenapa enggak Yogyakarta?,” ucapnya.

Meski begitu, Dwiyana mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan kajian terlebih dahulu mengenai hal rencana tersebut. Salah satunya studi kelayakan.

“Kita punya banyak pengalaman dari Jakarta-Bandung, mestinya lebih okelah untuk nantinya extend ke Yogya dan Surabaya,” katanya.