Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) buka suara mengenai kabar tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh first class atau VIP yang akan dibanderol Rp600.000 untuk satu kali perjalanan.

Harga tiket ini sudah disesuaikan dengan target yang akan disasar.

Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi tidak membantah kabar tersebut.

Dwiyana menjelaskan, tarif itu bisa saja diterapkan karena pihaknya memang menyasar segmen kelas atas seperti bos-bos besar untuk tipe kelas tersebut.

“Kalau Rp600.000 first class ya kan kita nyasarnya juga bos-bos kan. Bos-bos memang mikir akses? Mikir waktu. Ini kan sebagian ngomong ke saya ya. 'Pak, saya udah nyoba 3-4 kali kereta cepat nih. Kemarin naik mobil 3,5 jam, jet lag,” kata Dwiyana di Stasiun Halim, Jakarta, Selasa 17 Oktober.

Sekadar informasi, kereta cepat sendiri memiliki tiga kelas yakni frist class dengan jumlah kursi 9 di bagian depan gerbong kereta.

Formasi tempat duduknya 2-1. Lalu, kelas bisnis dengat formasi tempat duduk 2-2, dan kelas ekonomi premium denga formasi 3-2.

Lebih lanjut, Dwiyana menjelaskan, KCIC juga rencananya bakal menerapkan dynamic pricing atau tarif dinamis untuk tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh.

“Tarif itu, kan kita bisa pakai dynamic pricing kan. Kayak pesawat, kapan naik, kapan turun tergantung strategi perusahaan kan. Waktu offpeak, kita turunin. Waktu holiday season atau weekend, kita naikin. Biasa kan sebenarnya,” jelasnya.

Dwiyana mengatakan, saat ini KCIC membidik 130.000 penumpang per hari. Harapannya, Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh dengan kelebihan waktu tempuh hanya 30 menit bisa menciptakan peralihan pengguna kendaraan pribadi ke transportasi umum.

“Kami berharap seperti apa yang ada di FS (feasibility study) ya bisa 130.000 penumpang per hari itu sudah luar biasa,” kata Dwiyana.

Adapun saat ini KCIC mengoperasikan 14 perjalanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh per hari, dengan rute Stasiun Halim-Padalarang PP, dan Stasiun Halim-Tegalluar PP.

Satu rangkaian kereta terdiri dari 8 gerbong kereta dengan kapasitas penumpang maksimal 601 orang.

Saat ini, KCIC juga memberlakukan diskon tarif untuk semua rute seharga Rp150.000 untuk satu kali perjalanan.

Promo ini berlaku mulai 18 Oktober hingga akhir November 2023. Setelah itu, tarif akan berlaku dinamis.

Meski begitu, Dwiyana memastikan tetap ada batas tarif untuk KA Cepat Whoosh.

“Pasti kita punya dong. Batasan atas untuk ke BOD dan BOC, serta ke pemegang saham,” ujar Dwiyana.