Bagikan:

YOGYAKARTA – Brand loyalty merupakan sikap loyal konsumen terhadap suatu merek atau brand tertentu. Dengan brand loyalty, pelanggan atau konsumen akan tetap melakukan pembelian berulangkali tanpa melibatkan perasaan. Selain itu, konsumen juga konsumen juga tidak akan beralih ke merek lain meskipun ada banyak iming-iming yang ditawarkan oleh kompetitor. Lantas, bagaimana cara membangun brand loyalty? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Membangun Brand Loyalty

Telah disinggung di atas bahwa brand loyalty dapat membuat konsumen tetap setia terhadap sebuah brand dalam waktu yang lama. Mereka akan melakukan pembelian berulangkali di masa yang akan datang tanpa menggunakan perasaan.

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin, 22 Januari 2024, Berikut cara membangun brand loyalty yang harus diketahui oleh para pelaku bisnis:

1. Menyediakan produk yang dibutuhkan konsumen

Kebutuhan konsumen merupakan motif yang memotivasi mereka untuk membeli produk atau jasa.

Nah, niat terbaik dalam membangun sebuah bisnis adalah membantu banyak orang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Bila seorang pelaku usaha tidak menyediakan produk yang dibutuhkan, konsumen akan berpikir dua kali untuk membeli produk yang ditawarkan.

Semakin baik upaya yang dilakukan oleh pelaku usaha untuk mengatasi masalah konsumen, maka peluang untuk mendapatkan brand loyalty akan semakin besar.

2. Membangun ikatan antara konsumen dengan brand

Ikatan antara konsumen dengan merek (brand engagement) mempunyai perananan penting terhadap keberlangsungan sebuah bisnis. Dengan membangun brand engagement, konsumen akan memiliki ikatan emosi yang baik terhadap sebuah merek.

Sebagai informasi, mayoritas konsumen membeli produk bukan ditentukan oleh pikiran sadar mereka, tetapi kebanyakan didorong oleh alam bawah sadar.

Nah, brand engagement dapat dibangun dengan cara memberikan diskon, informasi, tips-tips, hiburan, ilmu gratis, dan lainnya. Interaksi yang dijalin antara brand dengan konsumen harus dilakukan dengan dua arah agar dapat menumbuhkan ikatan emosional.

3. Menjaga konsistensi brand

Cara membangun brand loyalty yang berikutnya adalah dengan menjaga konsistensi brand terhadap konsumen. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan pelayanan dan menjaga kualitas produk.

Apa yang disukai oleh para konsumen merupakan pengalaman dan memori indah yang telah mereka dapatkan di masa lalu. Ketiika mereka membeli produk yang ditawarkan, konsumen mempunyai harapan bahwa mereka akan dilayani sebaik sebelumnya atau bahkan lebih baik lagi.

4. Mengenalkan nilai yang dimiliki sebuah brand

Nilai yang dimiliki sebuah brand dan melekat di hati konsumen disebut sebagai brand value. Nah, nilai yang diperkenalkan adalah apa yang Anda praktekkan dan Anda tularkan kepada para staf dan konsumen selama bisnis Anda berjalan.

Mengenalkan nilai yang dimiliki sebuah brand atau merek merupakan hal yang sangat penting, sebab kepercayaan konsumen akan muncul setelah mengetahui produk yang ditawarkan, cara perusahaan bekerja, dan cara Anda melayani konsumen.

Brand value dapat menjelaskan bahwa sebuah bisnis bisa atau tidak untuk memberikan kualitas terbaik kepada konsumen.

5. Membuat logo dan warna yang menarik

Logo dan warna punya peranan penting dalam sebuah bisnis. Kedua elemen ini menjalaskan bagaimana bisnis Anda berkembang. Logo yang baik adalah yang mudah diingat atau membekas di ingatan calon konsumen.

6. Menumbuhkan keinginan konsumen untuk berbelanja produk

Tips yang terakhir, pelaku bisnis perlu menumbuhkan keinginan konsumen untuk berbelanja produk yang ditawarkan. Tips ini dapat dijalankan dengan cara memberikan diskon, giveaway, member card, reward tentu.

Selain menumbuhkan keingan konsumen untuk berbelanja, tips tersebut juga dapat menjaga ikatan konsumen terhadap sebuah brand.

Demikian informasi tentang cara membangun brand loyalty. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.