Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagaimana cara agar tidak kena banned saat live streaming TikTok? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

TikTok adalah platform video musik yang sangat populer di kalangan masyarakat. TikTok memiliki fitur live streaming yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk meningkatkan interaksi dengan followers, mencari pendapatan tambahan, hingga meningkatkan visibilitas.

Sementara bagi pelaku bisnis, fitur live streaming TikTok dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk, meningkatkan brand awareness, hingga membangun komunitas.

Kendati demikian, live streaming TikTok tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Creator perlu mengikuti panduan komunitas platform agar tidak kena banned saat sedang live TikTok.

Cara Agar tidak Kena Banned saat Live Streaming TikTok

Dirangkum dari berbagai sumber, Selasa, 9 Januari 2024, berikut cara agat tidak kena banned saat live streaming TikTok.

1. Tidak berkata kasar saat live streaming

TikTok termasuk platfom yang sangat sensitif. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak berkata kasar saat sedang live TikTok. Bila melanggar ketentuan ini, Akun Anda bisa dikenai banned oleh TikTok.

2. Jangan melibatkan anak kecil

Panduan komunitas yang ditetapkan oleh TikTok sangatlah ketat. Creator tidak dipernekanan melibatkan anak kecil ketika melakukan live streaming.

Panduan ini dibuat untuk mencegah eksploitasi anak. Oleh sebab itu, jangan mengajak anak untuk on cam saat sedang live TikTok.

3. Tidak mempromosikan produk yang dilarang

Sebelum melakukan live TikTok unntuk keperluan bisnis, sebaiknya Anda mengecek barang yang akan dipromosikan.

Jangan sampai produk yang Anda promosikan masuk dalam kategori produk yang dilarang TikTok, seperti senjata, benda tajam, benda beracun, benda berbahaya, obat terlarang, dan hewan.

4. Hindari mengenakan busana yang terbuka

Jangan mengenakan busana yang terlalu terbuka seperti rok atau celana yang terlalu pendek dan lai sebagainya. TikTok lebih strict terhadap hal ini, terlebih bila Anda mewakili brand atau company.

5. Tidak menyebut nama produk

Tidak sedikit creator yang menyebut nama produk atau brand ketika sedang live streaming untuk keperluan bisnis. Aktivitas ini bisa dianggap sebagai pelanggaran hak cipta dan merek dagang.

Sebagai gantinya, creator bisa menyebut nama bendanya saja, supaya akun tidak di-banned sementara oleh TikTok.

6. Jangan menyebut platform lain

Selain menyebut merek produk, creator juga tidak diperkenankan menyebut platform lain yang dianggap sebagai kompetitor oleh TikTok.

7. Ajak audience untuk berinteraksi

Cara agar tidak kena banned saat live streaming TikTok yang terakhir adalah mengajak audience untuk berinteraksi. Hal ini perlu dilakukan supaya Anda tidak terbaca sebagai robot (bot) atau menggunakan video rekaman.

Perlu diketahui, panduan komunitas yang dibuat TikTok melarang kreator menggunakan video rekaman untuk live streaming. Untuk menghindari pelanggaran tersebut, kreator bisa mengajak audience untuk berinteraksi.

Ciri Akun TikTok Terkena Banned

Terdapat beberapa ciri akun TikTok terkena banned, di antaranya:

  • Video yang diunggah tidak pernah muncul di For Your Page (FYP), dan tidak muncul ketika ditelusuri di search bar.
  • Orang lain sulit untuk menemukan konten yang Anda unggah.
  • Ada penurunan jumlah penonton di konten yang diunggah.
  • Video live sudah mendapatkan audiens.

Demikian informasi tentang cara agar tidak kena banned saat live streaming TikTok. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.