Gibran Celingak-celinguk Saat Debat, Komandan TKN Fanta: Dia Ingin Suasana Cair
Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Arief Rosyid Hasan. (Foto: Aris Nurjani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Arief Rosyid Hasan menyampaikan gestur yang dilakukan oleh Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, saat sesi tanya jawab debat keempat Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 merupakan politik entertainment (politainment).

"Kalau dalam teori politik ya ada yang disebut dengan politainment ya, politik entertainment," jelasnya setelah conference press, Minggu 21 Januari 2024.

Menurut Arief, yang dilakukan Gibran ingin membuat suasana debat lebih santai dan rileks sehingga cawapres lainnya tidak tegang dalam melakukan debat seperti sebelumnya.

"Jadi apa yang ditampilkan oleh Mas Gibran itu pengin, sebenarnya pengin membuat suasana itu santai. Jadi, biar Pak Mahfud sama Pak atau Cak Imin itu tidak seperti debat sebelumnya kan yang agak tegang," ujarnya.

Sebelumnya, momen tersebut terjadi ketika Gibran melontarkan pertanyaan ke cawapres nomor urut 3, Mahfud MD.

Awalnya, Gibran bertanya ke Mahfud mengenai cara mengatasi greenflation “Bagaimana cara mengatasi greenflation? Terima kasih,” tanya Gibran.

Mendengar jawaban Mahfud, Gibran membuat gerakan seolah-olah sedang mencari sesuatu. Sambil menempelkan tangan kanan di atas matanya dan menundukkan badan sambil bercelingak-celinguk.