Bagikan:

JAKARTA - Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo memberikan tanggapan terkait Calon Wakil Presidennya, Mahfud MD yang menolak menjawab pertanyaan Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming mengenai inflasi hijau atau greenflation.

Menurut Ganjar pilihan Mahfud untuk tidak memberikan jawaban dan menyerahkan pertanyaan tersbut kepada moderator merupakan hal yang menjadi inspirasi Ganjar untuk debat selanjutnya. Ia juga menilai kinerja Mahfud pada debat kali ini sangat bagus.

"Baguslah (debat tadi) karena untuk pertama kalinya Pak Mahfud menginspirasi ada pertanyaan yang harus dijawab tapi beliau sampaikan tadi pertanyaan tidak perlu dijawab dan itu menginspirasi," ujarnya kepada media seusai Debat Cawapres di Jakarta Convention Center (JCC) Minggu 21 Januari.

Dengan sikap Mahfud tersebut, ia juga memahami jika ada pertanyaan yang perlu dijawab dan tidak perlu dijawab.

"Dan beliau sampaikan secara terbuka dan itu mengedukasi semuanya. Pak Mahfud menyampaikan dengan firm betul," lanjut Ganjar.

Sebelumnya dalam debat Cawapres, Mahfud memutuskan untuk mengembalikan pertanyaan Gibran terkait Greenflation kepada moderator karena jawaban Mahfud dianggap tidak menjawab pertanyaan Gibran.

Mahfud menegaskan jika dirinya telah memberikan jawaban sesuai dengan pertanyaan Gibran terkait langkah Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 03 terkait sikapnya dalam mencegah Greenflation atau inflasi hijau.

"Saya bukan tidak mau menjawab. Sudah saya jawab dengan benar tapi dia tidak mengerti sehingga dibilang kok jawabannya lain? Itu hanya gimmick makanya saya bilang receh karena sudah sesuai dengan jawaban," ujar Mahfud dalam kesempatan yang sama.

Karena dianggap receh, kata dia, pertanyaan tersbut kemudian dikembalikan kepada moderator dan waktu yang tersisa tidak bisa digunakan untuk menjawab sanggahan Gibran.