Empat Perusahaan Jepang Tertarik Garap Proyek Pembangunan Bandara di Indonesia
Ilustrasi Bandara Soetta/ Foto: Bitor Ekin Putra

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah perusahaan asal Jepang tertarik untuk menggarap proyek pembangunan bandara di Indonesia, termasuk juga mengoperasikannya. Khususnya untuk Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sepinggan di Balikpapan.

Hal ini disampaikan Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism (MLIT) dalam acara Air Transportation Working Group (ATWG) yang digelar tanggal 18-20 Januari 2024 di Hotel Pullman Bandung.

Direktur Bandar Udara Lukman F. Laisa menyampaikan bahwa Jepang memperkenalkan empat perusahaannya yaitu Japan Airport Terminal Co., Ltd, JALUX Inc., Taisei dan SECOM. Co. Ltd.

Lukman bilang keempat perusahaan tersebut berpengalaman dalam pembangunan dan pengoperasian bandar udara utama di Jepang seperti Haneda Airport dan Narita Airport, serta beberapa bandar udara di luar Jepang seperti Beijing International Airport di China dan New Ulaanbaater Airport di Mongolia.

“Jadi empat perusahaan tersebut menyampaikan ketertarikan dan keinginan untuk melakukan kerja sama dalam pengembangan bandar udara di Indonesia, khususnya di Balikpapan guna meningkatkan fungsi Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sepinggan di Balikpapan sebagai pintu masuk Ibukota Kota Nusantara,” ujar Lukman dalam keterangan resmi, ditulis Minggu, 21 Januari.

Lukman menambahkan, dengan pengalaman Jepang yang luas, teknologi dan keahlian dalam pengembangan dan pengoperasian bandar udara di Jepang dan luar negeri diharapkan dapat membantu mengembangkan industri penerbangan di Indonesia.

Selain itu, Lukman bilang dalam acara tersebut juga dibahas mengenai proposal Indonesia untuk meningkatkan rute ke Jepang, kemudian penjelasan terkait Indonesia State Safety Program, dan juga paparan perkembangan penggunaan bahan bakar alternatif untuk penerbangan Sustainable Aviation Fuel (BioAvtur) di Indonesia.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai ajang diskusi dan saling bertukar pengalaman antar kedua negara, harapannya selain dapat mengembangkan dunia penerbangan di kedua negara, juga dapat meningkatkan hubungan baik antara Indonesia dan Jepang,” pungkas Lukman.

Sekadar informasi, ATWG merupakan salah satu agenda dalam pertemuan Vice-Ministerial Level Meeting antara Indonesia dengan Jepang di bidang transportasi yang ke-11. Hadir mewakili Direktur Jenderal Perhubungan Udara adalah Direktur Bandar Udara Lukman F. Laisa, dan Direktur Angkutan Udara Putu Eka Cahyadhi.

Sementara itu mewakili MLIT Jepang adalah Director of International Airport Office - Civil Aviation Bureau Nukushina Seiji dan hadir memberikan closing remarks secara daring Assistant Vice-Minister for International Aviation, Minister’s Secretariat/Japan Civil Aviation Bureau Yamakhosi Toshihiro.