Mudahkan Perjalanan Masyarakat, Kementerian PUPR Diminta Bangun Jalan Tol dari Pontianak ke IKN
Ketua Komisi V DPR RI Lasarus. (Foto: Dok. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Komisi V DPR RI Lasarus meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun jalan tol dari Pontianak, Kalimantan Barat, ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Kalau untuk jangka waktu panjang, ya, kami mesti bikin dari timur ke barat, dari Pontianak menuju ke Balikpapan menuju ke IKN. Itu kami bisa bangun jalan tol," ujar Lasarus ditemui usai rapat kerja di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis, 18 Januari.

Lasarus menilai, pembangunan jalan tol tersebut akan memudahkan perjalanan masyarakat dari Pontianak yang hendak menuju IKN, sehingga tidak perlu untuk naik pesawat.

"Sekarang orang mesti naik pesawat ke Jakarta dulu, dari Jakarta ke Pontianak atau Jakarta ke Samarinda, enggak ada penerbangan langsung," katanya.

Dia menambahkan, untuk wilayah Kalimantan Barat sendiri, Lasarus memberikan usulan bahwa adanya pembangunan jalan tol dari Pontianak-Pelabuhan Kijing-Singkawang.

Hal ini, kata Lasarus, dikarenakan kemacetan yang sudah cukup parah terjadi di daerah tersebut, ditambah dengan jumlah penduduk yang kian bertambah.

"Tadi saya cerita di Pontianak itu macetnya sudah parah, enggak ada jalan tol yang tidak macet. Kami bikin jalan tol, sehingga ada tol yang rugi, kan, itu yang terjadi hari ini," ucapnya.

Menurut Lasarus, pengembangan jalan tol di Pulau Kalimantan sendiri masih akan dibahas lebih lanjut sesuai kebutuhan.

"Membangun jalan tol seperti kami tahu hari ini ada beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mau bangkrut ketika bangun jalan tol, bangunnya sekian divestasi laku cuma sekian. Akhirnya rugi lalu mau bangkrut, ini enggak boleh lagi terjadi ke depan," tuturnya.