Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat penyelesaian Tol Ibu Kota Nusantara (IKN).

Setelah beroperasi secara fungsional, waktu tempuh Balikpapan-IKN diprediksi menjadi hanya 70 menit. Tanpa tol, waktu tempuh dari Balikpapan ke IKN memakan waktu 2,5 jam.

Pelaksana tugas (Plt) Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni menyebut, tol ini ditargetkan beroperasi fungsional pada akhir Juli 2024.

"Biasanya kalau dari Bandara Balikpapan sampai IKN itu 2,5 jam, tapi dengan apa yang dikerjakan oleh Pak Reza dan teman-teman sekarang ini, Insyaallah pada akhir Juli sudah bisa hanya 70 menit dari Bandara Balikpapan" ujarnya di Instagram resmi Otorita IKN @ikn_id, dikutip Jumat, 28 Juni.

"Dengan pembangunan jalan tol IKN, waktu perjalanan dari Kota Balikpapan menuju Nusantara ditargetkan pada Agustus mendatang dapat dipersingkat," tambah dia.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Reiza Setiawan mengatakan, total jarak antara Balikpapan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN sepanjang 82,62 kilometer.

"Jadi memang kami sedang membangun jalan tol mulai dari Bandara Sepinggan ke KIPP. Memang belum selesai semua, baru sebagian, tapi fungsional. Itu 82,62 km kami akan tempuh 70 menit, lebih dekat, awalnya 2,5 jam," ucap Reiza.

Namun saat sudah beroperasi penuh pada Desember 2024, waktu tempuh Balikpapan-IKN menjadi hanya 45 menit.

"Nanti kalau Desember semuanya sudah tembus, akan bisa mencapai sekitar 45-50 menit," tambahnya.

Reiza juga menjelaskan rute perjalanan dari Bandara Sepinggan, Balikpapan menuju IKN.

Perjalanan tersebut akan melewati Jalan Mulawarman Balikpapan, lanjut ke tol Balikpapan-Samarinda hingga masuk ke Tol IKN.

"Yang baru ini, dari Bandara ke Mulawarman. Kemudian, masuk ke tol Balikpapan-Samarinda KM 0, keluar di KM 11. Memang melewati jalan nasional sedikit, masuk tol 3A dan 3B, 5A sampai Jembatan Pulau Balang. Masuk ke jalan nasional lagi sedikit. Nanti bisa nembus bandara VVIP (IKN). Lanjut lewat tol lagi sedikit, masuk lagi ke jalan nasional sampai ke KIPP 70 menit," jelas dia.