KEK Sanur Ditargetkan Undang Investasi Rp20 Triliun
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan Sanur sebagai KEK Kesehatan pertama di Indonesia berstandar internasional ditargetkan dapat mengundang investasi masuk mencapai Rp20 triliun di 2045 mendatang.

Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour Christine Hutabarat mengatakan keberadaan KEK Sanur dengan seluruh fasilitas kesehatan berkelas dan berteknologi terkini diharapkan mampu menyerap pasien yang sebelumnya berobat ke luar negeri, dengan total pasien estimasi sebanyak 123.000 hingga 240.000 orang pada tahun 2030.

Dengan berkurangnya pasien dari Indonesia yang berobat ke luar negeri, diprediksi menghemat devisa dengan estimasi sebesar total Rp86 triliun dan penambahan devisa sebesar Rp19,6 triliun 2022 hingga 2045.

“Kawasan ini kedepannya diharapkan menjadi pionir Medical & Wellness Tourism Destination nomor satu di Asia Tenggara, dimana ditargetkan mengundang investasi dengan estimasi mencapai Rp15 hingga Rp20 triliun,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa, 16 Januari.

Jika target tersebut tercapai, keberadaan KEK Kesehatan Sanur memberikan multiplier effect dan berdampak positif pada GDP nasional akan bertambah estimasi menjadi Rp80,7 triliun.

Christine juga bilang KEK Kesehatan Sanur ditargetkan dapat menyerap sekitar 18.375 tenaga kerja atau meningkat dengan estimasi sebesar 2.069 persen dibandingkan tanpa adanya KEK Sanur.

“KEK Sanur diharapkan mampu menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi nasional melalui pariwisata dan kesehatan serta membangun masa depan berkelanjutan untuk generasi mendatang. Kami optimis Pengembangan KEK Sanur mampu memberikan added value bagi Indonesia,” ujarnya.

“Saatnya sambut ikon baru di Pulau Dewata, melalui pariwisata kesehatan holistik yang berbasis alam dan kebudayaan,” sambungnya.

Sekadar informasi, KEK Sanur merupakan inisiatif strategis untuk mengoptimalisasi potensi area Grand Inna Bali Beach seluar 41,6 Ha untuk menjadi “World Class Wellness & Tourism Destination” sebagai Pusat Layanan Kesehatan dan Pariwisata Baru Terpadu kelas dunia/berstandar internasional yang memiliki fasilitas terintegrasi.

Adapun fasilitas yang dimaksud di antaranya sarana akomodasi hotel bintang 5, Ethnomedicinal botanical Garden, Convention Centre bertaraf Internasional yang mampu menampung hingga 5.000 orang, Area Komersial, Sentra UMKM, Restaurant, serta berbagai fasilitas lain.

Sektor Wisata Kesehatan adalah sebuah potensi baru yang dapat memberikan solusi bagi masyarakat Indonesia membawa Medical & Wellness Tourism Indonesia ke kancah Internasional. Pengembangan KEK Sanur diharapkan menjadi diversifikasi dan akselerator peningkatan perekonomian Indonesia.

Pemilihan Bali sebagai lokasi KEK Kesehatan dan Pariwisata selain memberikan kesempatan kepada pasien dan pengunjung mendapatkan pelayanan kesehatan kelas dunia, sekaligus juga dapat memaksimalkan potensi keindahan Bali dan kekayaan historical serta budayanya sebagai pilihan tempat berwisata.

Berbagai kemudahan akan didapatkan di KEK Sanur seperti adanya fasilitas dan kemudahan izin praktek tenaga kesehatan asing, fasilitas fiskal kepabeanan untuk peralatan medis, jenis layanan dan teknologi yang diberikan, penggunaan obat yang telah tersertifikasi, hingga kemudahan layanan imigrasi bagi pasien dan keluarga pasien.

PT Hotel Indonesia Natour yang merupakan anak usaha dari PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney telah ditetapkan sebagai Badan Usaha Pembangun dan Pengelola KEK Sanur oleh Pemerintah sejalan dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah No 41 Tahun 2022 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Sanur pada tanggal 1 November 2022.