Dihadang Gempa hingga Erupsi, BPH Migas Sebut Penyaluran BBM Aman saat Libur Natal dan Tahun Baru
BBM (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pada Penutupan dan Konferensi Pers Posko Nasional Sektor ESDM Hari Raya Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024, Kepala BPH Migas Erika Retnowati, selaku Ketua Posko Nasional Sektor ESDM melaporkan penyaluran BBM secara umum dalam kondisi aman.

Dirinya menyebut hal yang menjadi perhatian khusus pada bidang BBM selama pelaksanaan posko periode tanggal 15 Desember 2023 sampai dengan 8 Januari 2024 adalah berkaitan dengan adanya beberapa bencana alam (gempa, erupsi gunung, banjir) di wilayah Indonesia yang berisiko berdampak pada sektor BBM khususnya penyaluran BBM ke masyarakat.

Dirinya juga melaporkan telahterjadi gempa di beberapa wilayah antara lain Sumedang, Lebak Banten, Pangandaran, Kupang, Lebak Banten serta erupsi gunung antara lain Gunung Semeru, Gunung Ibu, Gunung Dukono GGunung Ili Lewotolok, Gunung Anak Krakatau, Gunung Marapi, Gunung Lewotobl Laki-laki dan banjir di Kabupaten Aceh Utara.

"Namun gempa, erupsi gunung, dan banjir tersebut tidak menimbulkan dampak pada penyaluran BBM dan stok BBM dalam kondisi aman," ujar Erika dalam konferensi pers di Jakarta, Senin 8 Januari.

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa BPH Migas melaksanakan pemantauan volume stok dan realisasi penyaluran BBM harian,serta melakukan pengawasan lapangan untuk memantau kondisi penyediaan dan pendistribusian BBM di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, D.I Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Ball, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimatan Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua. "Hasil pengawasan yaitu penyaluran BBM Aman dan Lancar," imbuh Erika.

Asal tahu saja, selama periode tersebut telah disiagakan 116 Terminal BBM, 7.897 SPBU, 5.480 Pertashop dan 71 DPPU.

Selain itu juga terdapat Layanan tambahan BBM berupa SPBU Siaga, Kiosk Pertamina Siaga, Motorist, dan Mobil Tangki Standby. Coverage days stok BBM Nasional berkisar antara 3 sampai dengan 64 hari.

Adapun penyaluran BBM pada periode Posko Nataru 2023/2024 dibandingkan dengan Posko Nataru 2022/2023 untuk penyaluran gasoline mengalami kenaikan sebesar 4,6 perse dan Avtur mengalami kenaikan sebesar 10 persen. Sementara penyaluran gasoline mengalami penurunan sebesar 0,4 persen.