Kementerian PUPR Akan Bangun Jembatan Pandansimo di DIY Awal 2024, Dirancang Tahan Gempa
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memulai pembangunan Jembatan Pandansimo di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada awal tahun depan.

"Menjelang tahun baru 2024, Kementerian PUPR mulai membangun jembatan baru di Bantul, DIY, yakni Jembatan Pandansimo," tulis keterangan Kementerian PUPR dalam akun resmi Instagram @kemenpupr, dikutip Rabu, 27 Desember.

Menurut rencana, Jembatan Pandansimo akan dibangun sepanjang sekitar 1.900 meter (m) dan terdiri dari jalan pendekat sepanjang 625 m, slab on pile sepanjang 690 m dan jembatan utama dengan bentang 675 m.

Nantinya, jembatan itu sudah dilengkapi dengan teknologi Lead Rubber Bearing (LRB) yang bisa meredam gempa dan ramah bagi pejalan kaki.

Bagi pejalan kaki yang ingin menikmati pemandangan Sungai Progo dapat berjalan di sepanjang jalur pedestrian di sisi kanan dan kiri jembatan.

Adapun jembatan ini akan menjadi prasarana untuk memperlancar mobilitas dan memperkuat konektivitas antara Jalur Pansela Bantul dengan Kulonprogo.

"Diharapkan, jembatan ini nantinya dapat menjadi ikon inovasi dan eksplorasi potensi pariwisata Kawasan Pantai Selatan di DIY," sebut Kementerian PUPR.

Dengan demikian, Kementerian PUPR menargetkan pembangunan jembatan Pandansimo akan rampung pada akhir 2024 mendatang.