Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan pembangunan Jalan Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa di Yogyakarta akan selesai pada akhir tahun ini.

Asisten Pelaksana Pelaksanaan Jalan Nasional DIY Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah-DI Yogyakarta Wahyu Widiantoro menjelaskan jika saat ini pihaknya tengah mengerjakan satu paket on going yang dipastikan akan rampung tahun ini.

"Pansela tahun ini ada satu paket on going, harapannya 2023 bisa selesai. Untuk 2023-2024 direncanakan 2 paket harapannya 2024 selesai," ujarnya kepada media di Yogyakarta, Kamis 6 Juli.

Ia merinci, paket I tersebut merupakan pembangunan untuk Jalan Tepus hingga Jerukwudel II yang membentang sepanjang 10,92 km.

Adapun proyek ini memiliki nilai kontrak sebesar Rp266 miliar.

Kemudian untuk paket II, lanjut Wahyu, pihaknya akan membangun Jalan Baru Kretek hingga Girijati masih dalam tahap persiapan dan akan membentang sepanjang 5,64 km dengan dana sebesar Rp261 miliar.

Tidak hanya itu, lanjutnya, pihaknya juga akan membangun paket lainnya yakni Jembatan Pandansimo yang masih dalam tahap persiapan lelang. Menurutnya pembangunan jembatan ini akan memakan biaya yang lebh besar dibanding Jembatan Kretek II.

"Pandansimo masih persiapan lelang tapi lumayan lebih gede dari Kretek II karena panjang. Harapannya 2024 semua selesai," pungkas Wahyu.