Bagikan:

JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan prosesi peletakan batu pertama atau groundbreaking The Pakubuwono Nusantara di IKN, Kalimantan Timur, hari ini. Jokowi mengatakan, konsep bangunan apartemen tersebut telah sesuai dengan standar IKN, yakni berkonsep green building.

"Saya sangat senang sekali karena pembangunan yang akan dilakukan oleh PT Pakubuwono di IKN ini adalah membangun apartemen berkelas yang saya tahu. Kalau kami lihat tadi secara sepintas, rencana untuk membangun Pakubuwono Nusantara ini betul-betul sangat sesuai dengan konsep IKN," kata Presiden Jokowi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 21 Desember.

Jokowi mengaku sempat berdiskusi dengan Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil terkait rancangan apartemen ini. Menurut Jokowi, Ridwan Kamil tak memberikan koreksi apa pun.

"Tadi di depan saya sampaikan kepada Pak Ridwan Kamil untuk gambarnya, gambar rencana untuk Pakubuwono Nusantara 'ada koreksi Kang Emil?' beliau menyampaikan nggak ada. Nilainya 9, kalau saya menilai karena bukan arsitek 10. Ini bagus sekali," ucapnya.

Menurut Jokowi, The Pakubuwono Nusantara tersebut merupakan hunian berstandar internasional, serta konsep bangunannya yang ramah lingkungan.

"Telah disiapkan oleh The Pakubuwono Nusantara dua tower apartemen. Monumental dengan investasi sebesar kurang lebih Rp1 triliun akan segera dimulai dan hunian apartemen yang ramah lingkungan untuk menciptakan kenyamanan dan efisiensi serta mempersembahkan sebuah kemajuan dan inovasi," tuturnya.

Kemudian, Jokowi secara resmi memulai pembangunan apartemen tersebut. Dia ditemani oleh Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto beserta perwakilan PT Pakubuwono menekan bel tanda dimulainya pembangunan.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, peletakan batu pertama groundbreaking The Pakubuwono Nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai," imbuhnya.