Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek Pakuwon Nusantara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan nilai investasi sebesar Rp5 triliun.

"Saya senang PT Pakuwon sudah mendahului membangun untuk hotel, apartemen, dan mal," kata Jokowi dalam sambutannya sebagimana dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 1 November.

Jokowi berharap, groundbreaking tersebut bisa memberikan gelombang pembangunan yang lain. Dia bahkan meminta Kepala Otorita IKN Bambang Susantono untuk mendahulukan investasi dari dalam negeri.

"Kami harapkan ini akan mendorong gelombang pembangunan lain. Tadi juga bapak kepala otoritas sudah menyampaikan kalau Desember saya diperintah ke sini lagi karena ada groundbreaking," ujarnya.

Adapun PT Pakuwon Jati Tbk melalui entitas anaknya, PT Pakuwon Nusantara Abadi (PNA) menandai dimulainya pembangunan superblok di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan melakukan groundbreaking pada hari ini, 1 November 2023.

Pembangunan proyek superblok yang bernama “Pakuwon Nusantara” ini berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dengan nilai investasi sebesar Rp5 triliun.

President Director PT Pakuwon Nusantara Abadi Eiffel Tedja mengatakan bahwa, pembangunan superblok di IKN yang direncanakan terdiri dari sebuah pusat perbelanjaan, kondominium dan tiga (3) hotel akan sangat menguntungkan dalam jangka panjang.

"Momentum Groundbreaking Pakuwon Nusantara menjadi penanda dukungan penuh Pakuwon untuk Ibu Kota Negara (IKN)," kata dia melalui keterangan tertulisnya.

Proyek pembangunan superblok Pakuwon Nusantara sendiri memiliki lahan seluas 7,2 hektare (ha) dan berlokasi strategis di Kawasan Sumbu Kebangsaan dan tepat di depan tugu ‘Titik Nol’.

Dengan menggandeng grup Marriott International, proyek Pakuwon Nusantara akan membangun Hotel Four Points by Sheraton. Disusul dengan pembangunan pusat perbelanjaan, Hotel Tribute Portfolio by Marriott, Hotel Westin, dan ballroom.