Disebut Belum Ada Investor, Ridwan Kamil Ungkap 30 Proyek di IKN Senilai Rp40 Triliun
Ridwan Kamil dan Gibran Rakabuming Raka. (foto. dok. istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Kurator Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Ridwan Kamil (RK) menanggapi pertanyaan Cawapres nomor 3, Mahfud MD kepada Cawapres nomor 2, Gibran Rakabuming Raka soal keberadaan investor di IKN dalam debat cawapres semalam. Mahfud menyebut, para investor belum ada yang menanamkan modal di sana.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengungkapkan, sudah ada lebih dari 30 proyek swasta di IKN dengan total investasi lebih dari Rp40 triliun. Rinciannya adalah 3 rumah sakit swasta, hotel bintang 5 dan 3, hingga gedung perkantoran.

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil dalam unggahan video di akun Instagram pribadinya @ridwankamil. 

"Klarifikasi. IKN sedang membangun lebih dari 30 proyek swasta dengan total nilai investasi swasta sebesar lebih Rp 40 triliun. Ada 3 RS swasta yang sudah groundbreaking, hotel bintang 5 dan 3, apartment, perkantoran, superblock, Mal Pakuwon dll," tulis Ridwan Kamil, yang dilihat, Sabtu, 23 Desember.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Barat Prabowo-Gibran itu membantah anggapan bahwa tidak ada satu pun investor di IKN seperti yang disebut Mahfud.

"Jadi tidak benar jika tidak ada investor satu pun yang membangun di IKN sekarang," kata RK. 

Mantan gubernur Jawa Barat itu lantas mengajak semua pihak untuk bijak bicara soal data. "Semoga kita selalu bijak jika menyangkut dengan data," tutup RK.