Ganjar Pranowo Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Capai 7 Persen di 2045, Begini Caranya
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo. (Foto: Theresia Agatha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo membeberkan ada dua hal yang bisa dilakukan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi hingga 7 persen pada 2045 mendatang.

"Saya minta tolong ke Apindo kalau kami di 2045 benar-benar mau menjadi negara maju, (pertumbuhan ekonomi) 7 persen jangan ditawar, caranya bagaimana? ada digital ekonomi, ada upskilling SDM," kata Ganjar dalam agenda Dialog Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bertajuk "Capres 2024 Roadmap Perekonomian Indonesia 2024-2029" di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin, 11 Desember.

Saat ditanya apakah dirinya meyakini langkah tersebut dengan kondisi sumber daya manusia Indonesia saat ini, Ganjar pun berjanji akan meningkatkan upaya dari pemerintah.

"Karena kami mendapatkan bonus demografi dan kami memimpikan target di 2045, maka effort kami juga tinggi. Kami tahu ini barang tidak mudah, ini sesuatu yang mesti kami siapkan serius. Maka, tadi saya tadi minta bantuan Apindo," ucapnya.

Selain itu, dalam diskusi bersama Apindo, mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut mengaku mendapatkan masukan perihal penegakan hukum sebagai langkah memperkuat pertumbuhan ekonomi.

Ganjar memberikan contoh penegakan hukum yang berdampak baik terhadap ekonomi dapat dilihat di berbagai negara, salah satunya seperti Singapura.

"Artinya, kalau penegakan hukum itu bisa ditegakkan, terus layanan pemerintah bisa sangat baik, integritas aparaturnya bagus, kami bisa mencontoh beberapa negara yang memang mereka benar-benar good governance-nya bisa berjalan dengan baik," imbuhnya.