Tiga Jurus Ganjar Pranowo Pincut Investor Asing Masuk ke Indonesia
Calon presiden (Capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo. Foto: Theresia Agatha/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Indonesia terus menggenjot masuknya investor asing ke Indonesia. Menanggapi hal tersebut, calon presiden (Capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo mengatakan, ada tiga jurus yang akan dilakukan jika terpilih menjadi Presiden pada 2024.

Pertama, memastikan regulasi mengenai ketentuan investor tersebut benar dan telah disusun karena partisipasi. "Ada rasa yang diungkapkan oleh masyarakat," ujar Ganjar dalam agenda Dialog Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bertajuk "Capres 2024 Roadmap Perekonomian Indonesia 2024-2029" di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin, 11 Desember.

Kedua, kata Ganjar, memperbaiki sistem kelembagaan yang sudah ada agar menjadi lebih baik.

Jurus ketiga atau terakhir adalah mencari aktor baik yang bisa menjalankan amanah terkait penanaman modal asing tersebut.

"Bagi kami apa, sih, yang kemudian bisa kami sampaikan? Mencari aktor. Maka tugas saya adalah memastikan bagaimana aktor yang bisa duduk di dalam jabatan untuk membawa amanah yang luar biasa itu kredibel," katanya.

Ganjar menilai, arti dari kredibel itu sendiri adalah pejabat yang memiliki integritas, yang mana dia tak bisa disuap sama sekali.

"Kredibel berikutnya adalah dia orang yang punya integritas. Disogok dia nolak, bukan dia justru mengkreasi sogokan. Dan yang terakhir ketika dia sudah tahu semua sangat profesional, maka dia mengerjakan fungsinya," tuturnya.

"Bukan orang yang tiba-tiba dipungut karena kemudian jatah. Mohon maaf, maka mendefinisikan kredibel buat saya tidak terlalu sulit," imbuh Ganjar.