Gelar Porsche Sprint Challenge di Mandalika, InJourney Yakin Bisa Tarik Investasi dan Majukan Pariwisata
Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono. (Foto: Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), bersama PT Mandalika Grand Prix Association Nusantara Jaya (MGPA) akan menggelar ajang balap otomotif Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 yang digelar pada 8-10 Desember 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono mengungkapkan, ajang ini merupakan starting point untuk mengembangkan event and atraction di Mandalika untuk ajang balap roda empat.

Maya optimistis, dengan semakin banyaknya event yang dilaksanakan tentu akan menambah nilai jual kawasan di mata calon investor dan juga wisatawan yang akan berkunjung.

"Upaya-upaya dalam penyelenggaraan sebuah event and attraction ini merupakan suatu katalis dari pengembangan sebuah destinasi yang harus terus kita jaga. Tentunya, ajang ini merupakan salah satu upaya kami sebagai traffic puller agar pariwisata di KEK Mandalika terus berkembang,” ungkap Maya di Jakarta, Kamis 30 November.

Hadir dalam kesempatan yang sama, Direktur Operasi ITDC Troy Warokka mengatakan, sebagai destinasi wisata sport and enterntainment tourism, ITDC berupaya untuk menjadikan The Mandalika sebagai event bertaraf internasional yang unggul. Kehadiran Porsche Sprint Challenge Indonesia merupakan langkah konkret menuju visi ini.

"Kami yakin dengan adanya event-event prestise seperti Porsche Sprint Challenge ini tak hanya akan memperkuat posisi sirkuit kami sebagai destinasi sport tourism yang menarik, tetapi juga akan memberikan dampak positif bagi ekonomi dan masyarakat lokal di sekitarnya," ungkap Troy.

Meski awalnya sirkuit Mandalika digunakan untuk ajang balap roda dua, kata dia, dalam perjalannya ITDC melihat sirkuit ini bisa dikembangkan untuk balap roda empat.

Pihaknya juga telah beberapa kali mengundang pegiat otomotif seperti komunitas kendaraan roda empat untuk menjajal serta mendapat respon yang baik dari berbagai pihak.

"Alhamdulillah mendapat respons dari publik, dari stakeholder swasta untuk membawa ini kepada sirkuit mandalika," imbuh Troy.

Asal tahu saja, Porsche Sprint Challenge Indonesia dilisensikan dan dioperasikan oleh Supersport Motorsport, perusahaan motor sport yang berbasis di Mandalika, NTB, dan memiliki dukungan penuh dari Porsche Indonesia.

Event ini telah mendapatkan homologasi untuk menggelar ajang balap Roda-4 melalui dukungan pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan IMI-NTB.

Pada musim 2023, balapan Porsche Sprint Challenge Indonesia akan digelar sebanyak 3 kali di Pertamina Mandalika International Circuit, yaitu 8-10 Desember 2023, 12-14 Januari 2024 dan 26-28 Januari 2024.

Setiap putaran balap terdiri dari Sprint Race dengan durasi 30 menit dan Endurance Race selama 45 menit.

Sebanyak 10 mobil balap Porsche 911 GT3 Cup siap berlaga pada musim perdana Porsche Sprint Challenge Indonesia.