Bagikan:

JAKARTA - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) turut serta dalam acara PPublic Expose Live 2023 yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia, Rabu 29 November. Salah satu materi yang disampaikan produsen Tolak Angin dan Kuku Bima Ener-G ini adalah perihal penggunaan dana Corporate Social Responsibility (CSR).

"Sebagai bentuk tanggung jawab Perseroan kepada masyarakat, Perseroan menyalurkan bantuan dalam bentuk bantuan kesehatan seperti Operasi Katarak Gratis, Operasi Bibir Sumbing dan Langit-langit, bantuan untuk anak-anak stunting dan bantuan dana tunai untuk para duafa dan anak yatim, serta Pondok Pesantren di beberapa daerah," jelas manajemen Sido Muncul dalam materi paparan yang diedarkan kepada media.

Dijelaskan, total realisasi dana CSR Sido Muncul sampai dengan November 2023 sebesar Rp5.835.820.466. Adapun kegiatan operasi bibir sumbing gratis yang dilakukan Sido Muncul terakhir kali dilakukan di Rumah Sakit Hermina Bogor pada Jumat 6 Oktober tersebut bekerja sama dengan Smile Train Indonesia.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan operasi bibir sumbing tersebut diberikan kepada 50 pasien yang mencakup daerah Bogor, Jawa Barat. Dana yang dikucurkan Sido Muncul mencapai Rp325 juta untuk kegiatan ini.

"Operasi bibir sumbing 50 pasien di RS Hermina. Sejak 2018 kami sudah operasi bibir sumbing 452 dan 50 yang sekarang bersama dengan Hermina," ujar Irwan saat itu.

Lebih lanjut kata Irwan, sejak beberapa tahun terakhir pihaknya berfokus membantu masyarakat Indonesia untuk mengobati sejumlah penyakit. Mulai dari operasi katarak, bibir sumbing, hingga bantuan kepada anak penderita stunting.

Dia mengaku paham perasaan orang tua yang mengetahui anaknya lahir dengan kondisi bibir yang kurang sempurna. Untuk itu, Sido Muncul ingin membantu meringankan beban tersebut.

"Kami sejak tahun lalu mulai serius masuk setelah katarak, bibir sumbing yang penting, apalagi bibir sumbing ini tidak dibiayai oleh BPJS. Jadi, semoga yang kami bantuan Sido Muncul ini bisa bermanfaat," jelas Irwan.

Terkait kinerja di kuartal III tahun ini, Perseroan berhasil meraup penjualan Rp2,36 triliun dan laba bersih Rp586,57 miliar. Adapun belanja modal SIDO selama sembilan bulan di tahun 2023 adalah sebesar Rp47 miliar.

"Perseroan akan terus meningkatkan kinerja ke arah yang lebih baik untuk memenuhi harapan investor dan stakeholder. Konsisten melaksanakan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) dengan mematuhi peraturan-peraturan terkait. Melaksanakan keterbukaan informasi sebagaimana diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan dan Bursa Efek Indonesia," jelas manajemen SIDO.