Ini Strategi Bank Saqu Gaet Masyarakat dengan Tawarkan Bunga Deposito Tinggi
Presiden Direktur Bank Jasa Jakarta Leo Koesmanto. (Foto: Aris Nurjani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Astra Financial dan WeLab Sky resmi meluncurkan bank digital yaitu Bank Saqu yang sebelumnya bernama PT Bank Jasa Jakarta (BJJ) dengan menawarkan saku bunga simpanan yang cukup tinggi, yakni hingga 10 persen per tahun dari layanan Saku Booster.

Di sisi lain, nilai tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan tingkat bunga penjaminan yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sebesar 4,25 persen.

Adapun, beberapa fitur utama layanan Bank Saqu antara lain Saku, Busposito, Tabungmatic, Misi Penuh Hadiah, dan Saku Booster (Saku Hadiah).

Saku Booster merupakan saku khusus untuk menyimpan semua cashback yang diperoleh nasabah dari transaksi menggunakan Bank Saqu termasuk Tabungmatic.

Dengan Tabungmatic, nasabah dapat memperoleh cashback di Saku Booster dengan tingkat bunga lebih tinggi hingga 10 persen per tahun.

Presiden Direktur Bank Jasa Jakarta Leo Koesmanto menjelaskan, tawaran ini menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Bank Saqu.

Namun, hal ini tidak secara otomatis membuat nasabah menerima keuntungan 10 persen.

“Bukan suku bunga 10 persen, tetapi itu didapatkan untuk aktivitas loyalty nasabah, bukan berarti saya simpan saya dapat bunga 10 persen, tapi itu hasil bunga yang didapatkan dari hasil hadiah atau reward,” kata Leo usai peluncuran Bank Saqu di Jakarta, Senin 20 November.

Selain itu fitur utama layanan Bank Saqu yaitu semakin banyak orang yang bergabung dengan produk Busposito milik Bank Saqu, artinya semakin besar nasabah memperoleh bunga hingga 7 persen per tahun.

Sebagai informasi, berikut jenis-jenis fitur utama dari produk simpanan Bank Saqu.

  • Saku: Produk yang dapat dipersonalisasi nasabah hingga 20 kantong (saku), sehingga bisa membantu nasabah mengatur berbagai keperluan, mulai dari mengelola pendapatan, mengatur pengeluaran dan berbagai tujuan keuangan.
  • Busposito: Produk deposito pertama yang memanfaatkan kekuatan komunitas. Nasabah dapat meningkatkan tingkat suku bunga dengan keluarga, teman, atau seluruh komunitas Bank Saqu.
  • Semakin banyak orang yang bergabung dengan Busposito, artinya semakin besar nasabah memperoleh bunga lebih tinggi hingga 7 persen per tahun.
  • Tabungmatic: Fitur dimana nasabah dapat menabung secara otomatis dengan Tabungmatic dari setiap pembulatan transaksi melalui QRIS yang disimpan di Saku Booster, untuk mendapatkan tingkat suku bunga lebih tinggi, hingga 10 persen per tahun (syarat dan ketentuan berlaku). Dengan Tabungmatic, nasabah dapat dengan mudah mencapai tujuan finansial.
  • Misi Penuh Hadiah: Bank Saqu memberikan hadiah di setiap langkahnya. Nasabah diajak untuk menyelesaikan misi untuk mendapatkan hadiah, mulai dari membuka akun, melakukan transfer menggunakan BI-FAST, melakukan transaksi dengan QRIS, mereferensikan teman dan keluarga, dan hingga berkesempatan meraih bonus dana tunai hingga Rp1 Juta per hari (syarat dan ketentuan berlaku).
  • Saku Booster (Saku Hadiah): Sebuah saku khusus untuk menyimpan semua cashback yang diperoleh nasabah dari transaksi menggunakan Bank Saqu, termasuk Tabungmatic. Nasabah dapat memperoleh cashback di Saku Booster dengan tingkat bunga lebih tinggi hingga 10 persen per tahun (syarat dan ketentuan berlaku.

Sebagai informasi, Astra mengakuisisi BJJ pada tahun lalu bersama WeLab Sky Limited dengan nilai transaksi sebesar 500 juta dolar AS.

Dengan akuisisi tersebut, WeLab dan Astra Financial masing-masing memiliki saham BJJ sebesar 49,56 persen dan menjadi pemegang saham mayoritas sekaligus pengendali BJJ.