Bank Saqu Milik Astra Kantongi 100.000 Nasabah Baru
Presiden Direktur PT Bank Jasa Jakarta Leo Koesmanto. (Foto: Aris Nurjani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA – Bank digital milik PT Astra International Tbk (ASII) Bank Saqu mencatat sebanyak 100.000 orang telah menjadi nasabah sejak diluncurkan Senin, 20 November 2023.

Bank Saqu menyasar generasi muda, terutama para solopreneur di Indonesia, mencakup pemilik usaha kecil, pekerja lepas, dan karyawan tetap dengan pekerjaan tambahan.

Layanan perbankan digital yang dikelola oleh PT Bank Jasa Jakarta (BJJ) ini mencatat, sebanyak 70 persen nasabahnya merupakan masyarakat yang memiliki pekerjaan sebagai solopreneur.

Presiden Direktur BJJ Leo Koesmanto mengatakan, jumlah pertumbuhan tersebut mencerminkan potensi bagi para solopreneur dan generasi produktif di Indonesia.

"Ke depannya, Bank Saqu akan terus fokus meningkatkan layanan, memperluas program dan fitur untuk menjangkau lebih banyak lagi nasabah di seluruh Indonesia," ujarnya dalam keterangan resminya dikutip, Selasa, 2 Januari 2024.

Leo menyampaikan lencapaian ini menguatkan keyakinan bahwa pendekatan yang berorientasi pada pelanggan yang dipadukan dengan inovasi menjadi kunci kesuksesan dalam lanskap perbankan digital. 

"Pencapaian ini menunjukkan bahwa Bank Saqu bukan hanya sekadar lembaga keuangan, tetapi mitra yang memahami dan mendukung perjalanan finansial para nasabah serta  menjadi teman seperjuangan bagi solopreneur Indonesia." Jelasnya.

Fitur seperti Tabungmatic dan Saku Booster merupakan fitur favorit yang digunakan banyak pengguna Bank Saqu. Fitur ini menjadi unik karena pengguna dapat membentuk kebiasaan untuk mulai rutin menabung dengan cepat dan mudah.

Dengan fitur ini, nasabah dapat menabung secara otomatis selisih transaksi saat menggunakan QRIS. Tabungan tersebut akan ditambahkan ke Saku Booster,  sebuah saku khusus untuk menyimpan semua cashback yang diperoleh nasabah dari transaksi menggunakan Bank Saqu.

Nasabah dapat memperoleh cashback di Saku Booster dengan tingkat bunga lebih tinggi hingga 10.persen per tahun dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Selain kedua fitur tersebut, fitur Busposito juga mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat.

Busposito merupakan produk deposito di Indonesia yang mengandalkan kekuatan komunitas.

Di fitur ini, nasabah dapat meningkatkan tingkat suku bunga dengan cara yang menyenangkan, dengam mengajak keluarga, teman, atau seluruh komunitas Bank Saqu seperti halnya naik bus, di mana ketika penumpang sudah penuh, bus bisa berangkat dengan suku bunga yang lebih tinggi.

Semakin banyak orang yang bergabung dengan Busposito, artinya semakin besar nasabah memperoleh bunga lebih tinggi, hingga 7 persen per tahun.

Sebagai informasi, nasabah Bank Saqu saat ini lebih dari 43 persen berusia antara 20-30 tahun dengan demografi yang yang berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. 

Capaian ini salah satunya dikontribusi oleh program SEMASAQU yang menunjukkan peran Bank Saqu dalam mendukung para pelaku bisnis kecil dan juga masyarakat yang memiliki jiwa solopreneur. 

Terkait