Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut, regulasi sistem pembayaran tol nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) akan diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat.

Dia mengatakan, Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) terkait MLFF sudah ada di tangan Jokowi dan akan ditandatangani usai Kepala Negara pulang dari Amerika Serikat (AS).

"(RPP terkait MLFF) dalam proses harmonisasi, sudah di meja pak presiden. Pak presiden pulang minggu ini, kan, bisa tanda tangan," kata Menteri Basuki usai ditemui dalam acara Hunindotech 4.0 di The Westin Hotel, Jakarta, Selasa, 14 November.

Adapun uji coba MLFF sendiri yang semula dijadwalkan pada 1 Juni lalu dipastikan akan dilakukan pada pekan kedua Desember 2023 mendatang.

"Jadi, setelah uji coba, dua minggu akan kami evaluasi. Di akhir Desember nanti kami evaluasi, kalau memang itu bagus dan berhasil kami lakukan perluasan. Saya ingatkan perubahan dari pembayaran tunai ke pembayaran non-tunai melalui tapping kartu e-toll memiliki tantangannya," ujarnya.

Begitu pula dengan transisi dari tapping kartu e-toll ke sistem MLFF, kata Basuki, terdapat perubahan sikap dan disiplin dari pengguna jalan tol.

Basuki menyebut selama masa transisi dan uji coba MLFF, pihaknya tetap mengoperasikan palang atau barrier di gerbang tol untuk mencegah potensi kerugian atau potential loss.

"Kami pakai barrier di gerbang tol terlebih dahulu, nanti kalau data registrasi kendaraannya membaik, baru kami hilangkan barrier tersebut. Barrier di gerbang tol ini untuk mencegah potential loss," ucap Basuki.

Menurut rencana, ada enam (6) ruas tol di Jakarta yang akan diterapkan sistem pembayaran tol nirsentuh apabila uji coba di Bali berhasil.

"(Enam ruas) sekitar Jakarta. (Uji coba) di Bali kan terbatas, jadi kalau ada apa-apa enggak terlalu chaos. Nanti kalau sudah berhasil, baru di Jakarta, di area perkotaan dulu," ungkapnya.

Sekadar informasi, MLFF merupakan teknologi terkini di dunia yang memproses pembayaran secara otomatis bagi kendaraan yang melintas di jalan tol.

Melalui teknologi ini, pengguna jalan tol dapat masuk dan keluar tanpa harus berhenti untuk membayar.

Hal ini dimungkinkan karena MLFF menggunakan teknologi Global Navigation Satelit System (GNSS), yaitu sistem yang memungkinkan dilakukannya transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit, sehingga tidak diperlukan alat pembaca di setiap tempat di jalan tol seperti pada teknologi berbasis RFID, memberikan solusi biaya yang lebih efektif.