Kemenparekraf-BEI Gelar Demo Day bagi Pelaku Parekraf, Ini Tujuannya
Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Rizki Handayani Mustafa. (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) menggelar kegiatan Demo Day KreatIPO.

Kegiatan ini dilakukan untuk memfasilitasi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif mempresentasikan produk atau layanan mereka kepada stakeholder pasar modal mencakup penjamin emisi efek (underwriter), serta lembaga dan profesi penunjang pasar modal lainnya.

"Kegiatan Demo Day memberikan kesempatan kepada pelaku parekraf untuk melakukan networking serta terhubung dengan lembaga dan profesi penunjang pasar modal," kata Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Rizki Handayani Mustafa dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Selasa, 14 November.

Rizki secara khusus menyampaikan pesan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno agar pelaku parekraf teredukasi terkait IPO sehingga masalah permodalan yang masih menjadi salah satu tantangan besar bagi para pelaku usaha parekraf di Indonesia dapat teratasi.

"Menparekraf menyampaikan, teruskan dan ini penting sekali karena model pembiayaan dari IPO ini menjadi salah satu cara pengembangan industri parekraf," ujarnya.

Oleh karena itu, program Demo Day KreatIPO yang merupakan rangkaian Program Roadshow Usaha Parekraf menuju IPO ini, akan menjadi pembelajaran bagi pelaku parekraf untuk menerima tanggapan dari para penjamin emisi efek dan perusahan profesi penunjang pasar modal, sehingga dapat membantu menyempurnakan usaha mereka.

Selain juga untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

"Kami mendorong teman-teman pelaku usaha parekraf ini untuk meningkatkan kemampuan sehingga bisa menjadi lebih besar, karena dengan demikian target penyerapan lapangan tenaga kerja dan target investasi sebesar Rp40 triliun tahun depan juga bisa kami capai bersama," ucap Rizki.

Pada kesempatan sama, Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf Anggara Hayun Anujuprana menyebut, ada sembilan (9) pelaku usaha parekraf yang melaksanakan Demo Day pada Senin, 13 November.

"Kami berkolaborasi dengan IDX Incubator menginisiasi rangkaian program untuk menyiapkan pelaku parekraf supaya siap untuk pitching seperti hari ini," tutur Hayun.

Hayun mengatakan, Demo Day pada Senin, 13 November kemarin mengundang banyak penjamin emisi efek untuk mendengarkan pitching dari para pelaku parekraf.

"Karena pada saat bapak ibu nanti akan IPO, diskusi paling banyak itu dengan penjamin emisi efek dalam persiapannya. Jadi, silakan bapak ibu semuanya untuk dapat memanfaatkan forum ini untuk koordinasi, komunikasi dengan para penjamin emisi efek, kemudian dengan lembaga keuangan maupun BEI," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Iman Rachman mengatakan, pihaknya siap memberikan pendampingan bagi pelaku parekraf yang ingin memanfaatkan pendanaan pasar modal dari perusahaan terbuka melalui IPO.

"Saya mewakili Bursa Efek Indonesia mengucapkan terima kasih atas inisiatif kerja sama ini yang juga sejalan untuk mengajak lebih banyak perusahan kecil dan menengah Indonesia, khususnya dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk dapat semakin bertumbuh dan berkembang melalui pendanaan di pasar modal," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Kemenparekraf dan BEI juga melakukan penandatangan MoU sebagai bentuk kerja sama dalam mendorong dan mengakselerasi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif untuk go public dengan skema initial public offering (IPO) atau mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI).