Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyelenggarakan program reality show IN2THENEXT sebagai wadah branding modest fesyen dalam negeri.

Deputi Bidang UKM KemenKopUKM Hanung Harimba Rachman mengatakan program IN2THENEXT tidak hanya bertujuan sebagai hiburan, melainkan juga menjadi wadah branding modest fesyen dalam negeri.

"Kami berharap akan muncul desainer modest fesyen berbakat yang memanfaatkan kekayaan wastra Indonesia dari empat Provinsi Pariwisata Ramah Muslim Indonesia, yaitu Jawa Barat, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan," kata Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Selasa, 14 November.

Hanung mengatakan, untuk hasil casting reality show IN2THENEXT tahun ini telah menghasilkan delapan kontestan desainer muda yang merupakan para desainer terpilih dari pemenang kompetisi Fesyar 2023, juga desainer usulan dari sekolah mode ESMOD Jakarta dan Indonesian Fashion Chamber (IFC).

"Melalui upaya ini, desainer-desainer unggul yang memiliki potensi besar dapat bersaing serta memajukan sektor modest fesyen dalam negeri ke kancah internasional," ujarnya.

Para kontestan desainer tersebut berkesempatan untuk bekerja sama dengan para desainer ternama Indonesia yang nantinya bukan hanya menjadi juri, melainkan juga menjadi mentor.

Hasil karya pemenang kompetisi akan ditampilkan pada main event fesyen show IN2MF yang berlangsung pada Oktober 2024.

Sementara itu, Direktur PT Maxerman Edward Mamahit selaku tim produksi IN2THENEXT menyebut, Indonesia sebagai penduduk muslim terbesar memiliki potensi untuk menjadi tren setter global untuk industri modest fesyen.

"Hal ini didorong dengan banyaknya karya desainer kami yang memanfaatkan wastra lokal di berbagai daerah. Para desainer akan diuji serangkaian tantangan untuk menciptakan modest fesyen unsur wastra," tuturnya.

Sekadar informasi, program Reality Show IN2THENEXT terdiri atas empat (4) episode dengan format kompetisi modest fesyen. Untuk episode 1 dan 2 pada 13 Desember akan ditayangkan di WeTV. Sedangkan, untuk episode 3 dan 4 pada 20 Desember 2023.

Tak hanya di WeTV, acara itu juga akan disiarkan di Okezone MNC TV pada 29 dan 30 Desember 2023 sebagai acara spesial akhir tahun.

"Saat ini, kami bekerja sama dengan WeTV untuk di Indonesia dan regional Asia. Nantinya, pada 2024 akan berkembang menjadi 14 episode dengan melibatkan lebih banyak desainer muda. Tujuan utamanya adalah memperluas eksposur modest fesyen kami ke kancah dunia," pungkasnya.