Begini Cara Cek BLT El Nino Rp200.000 dari Pemerintah
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah berencana akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) yang akan diberikan kepada masyarakat miskin untuk menghadapi dampak kemarau panjang dari fenomena El Nino.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, ketidakpastian perekonomian global akan sangat berdampak pada perekonomian dalam negeri.

Oleh sebab itu, pemerintah menyiapkan BLT El Nino dengan total Rp400.000 untuk keluarga yang terdampak kemarau panjang untuk menjaga daya beli masyarakat.

Menurut Ani, sapaan akrabnya, dengan adanya berbagai sentimen global akan membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia akan lebih rendah dari rencana 5,06 persen yaitu di 4,86 persen.

Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp7,52 triliun yang nantinya masyarakat akan menerima uang sebesar Rp200.000 dalam setiap bulan yakni pada November dan Desember 2023.

Sehingga total uang yang diterima masyarakat adalah Rp400.000. Bantuan itu ditujukan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Mereka akan mendapatkan Rp 200 ribu per bulan untuk November dan Desember," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita Edisi Oktober 2023.

Selain BLT El Nino 2023, pemerintah juga menyiapkan kebijakan ekonomi lainnya yaitu dengan memperpanjang bantuan sosial berupa beras 10 kg per KPM kepada 21,3 juta keluarga hingga Desember 2023 dan memberikan insentif PPN DTP untuk pembelian rumah di bawah Rp2 miliar hingga 2024.

Untuk mengecek apakah Anda termasuk keluarga yang menerima bantuan tersebut dapat melakukan dua langkah ini yaitu dengan mengakses laman cekbansos.go.id atau melalui Aplikasi Cek Bansos.

Berikut ini merupakan langkah yang dapat dilakukan melalui website Kemensos.

1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.

2. Masukkan nama Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan

3. Masukkan nama PM (Penerima Manfaat) sesuai KTP

4. Ketikkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode

5. Jika huruf kode kurang jelas, klik ikon refresh untuk mendapatkan huruf kode baru

6. Klik tombol CARI DATA. Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari Nama PM (Penerima Manfaat) sesuai Wilayah yang diinput

Sementara pengecekan melalui Aplikasi Cek Bansos

1. Download Aplikasi Cek Bansos yang dirilis resmi oleh Kemensos

2. Buat akun baru dan isi kolom data diri yang disediakan

3. Lampirkan swafoto, serta foto KTP. Data kemudian akan diverifikasi oleh Kemensos

4. Setelah data berhasil diverifikasi, ketik log in dan masukkan username, serta password

5. Pilih menu Cek Bansos dalam aplikasi itu dan lengkapi data

6. Klik Cari Data