Bagikan:

 

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto diminta oleh Masyarakat untuk melanjutkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino pada tahun 2024. Hal itu terjadi saat dirinya sedang menyalurkan Bantuan Langsung Tunai atau BLT El Nino di Kelurahan Pabuaran, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu 6 Januari 2024.

Awalnya Airlangga bertanya kepada masyarakat Pabuaran yang menerima BLT El Nino beras. Apakah program tersebut perlu dilanjutkan atau tidak.

"Kira-kira ibu bapak masih perlu atau tidak dilanjutkan program BLT ini? ("Perlu", kata warga) program ini kita hentikan atau lanjutkan? ("Lanjutkan", kata warga)," tanya jawab Airlangga dengan masyarakat Pabuaran.

Airlangga meyampaikan akan melaporkan permintaan masyarakat tersebut kepada Presiden Joko Widodo untuk sebagai pertimbangan untuk keberlanjutan program BLT El Nino di tahun 2024.

"Jadi jelas ya diteruskan, nanti saya sampaikan kepada Pak Presiden. Beras yang dikasih 10 kg. Alhamdulillah progam beras ini kita lanjutkan, Insyallah sampai bulan Juni," katanya.

Airlangga menyampaikan bantuan pangan ini diberikan karena pengaruh El Nino. Jadi, Pemerintah memiliki dua program yaitu BLT dalam bentuk uang yang diterima bulan Desember Rp 400 ribu, Selain BLT, pemerintah juga memberikan bantuan sembako berupa beras sebanyak 10 kg per orang. 

BLT El Nino dicairkan dalam dua tahap, yakni bulan pertama di November sekitar Rp200 ribu, dan bulan Desember sebesar Rp200 ribu, sehingga total per keluarga mendapatkan Rp400 ribu.

Selain BLT, pemerintah juga memberikan bantuan berupa beras sebanyak 10 kg per orang, yang akan disalurkan kepada total 21,8 juta penerima. Pemerintah membagi kepada hampir 22 juta penerima manfaat.