Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan sebesar Rp600.000 kemungkinan baru akan disalurkan pada Ramadan 2024.

Sebelumnya, Pemerintah menargetkan penyaluran BLT tersebut pada bulan Februari ini, namun tanggalnya belum ditetapkan lantaran bansos pangan termasuk BLT El Nino masih berlangsung hingga saat ini.

"Pangan tetap jalan, BLT nanti akan kita realisasikan untuk Ramadan juga. Kita kalau BLT itu sebulan Rp200.000," kata Airlangga Hartarto saat ditemui usai menghadiri Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan OJK 2024, Selasa 20 Februari 2024.

Airlangga menegaskan BLT Mitigasi Risiko Pangan berbeda dengan BLT El-Nino. Namun, karena saat ini harga pangan terus mengalami kenaikan sehingga diperlukan intervensi dari Pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat.

"Itu yang mitigasi risiko pangan, karena harga pangan memang relatif naik makanya kita sudah melihat itu makanya kita siapkan BLT tadi," ujarnya.

Sebagai informasi, Anggaran program BLT Mitigasi Risiko Pangan sebesar Rp11,25 triliun akan diberikan kepada 18,8 juta masyarakat yang telah terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menjadi sasaran untuk program tersebut.

BLT Mitigasi Risiko Pangan ini dirancang untuk bulan Januari 2024 hingga Maret 2024 dengan penyaluran bantuan sekitar Rp200.000 per bulan. Sehingga penerima akan mendapatkan bantuan sebesar Rp600.000 per keluarga.