Perbedaan Investor dan Pemegang Saham yang Suka Bikin Bingung Pemula di Dunia Investasi
Perbedaan Investor dan Pemegang Saham (Gambar Hunters Race - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bagi masyarakat awam yang baru saja menginjakan kakinya di dunia investasi di pasar modal Indonesia tentunya akan sedikit bingung dengan perbedaan investor dan pemegang saham.

Namun meskipun berbeda, di dalam dunia investasi, investor dan pemegang saham merupakan dua hal yang saling berkaitan erat. Keduanya saling berhubungan dengan dana/uang. investor serta pemegang saham pasti mempunyai perbedaan. Seorang investor serta pemegang saham pasti bakal mengincar kembali modal yang ditanamkan dan diusahakan.

Apa Itu Pemegang Saham

Pemegang saham merupakan orang yang sudah membeli saham ataupun berpartisipasi dalam kepemilikan perusahaan. Saham biasa merupakan keamanan yang menegaskan kepemilikan seorang di perusahaan. disebut pemegang saham.

Kategori pemegang saham jadi owner bersama perusahaan menurut persentase saham yang dimilikinya.

Pemegang saham ataupun shareholder merupakan orang perseorangan, perusahaan ataupun organisasi yang memegang sekurang-kurangnya satu saham dalam sesuatu perusahaan serta yang namanya dikeluarkan surat saham. Perusahaan publik serta swasta bisa menerbitkan saham kepada investor. Seorang pemegang saham yang mempunyai lebih dari separuh saham perusahaan mengatur perusahaan serta diketahui selaku owner mayoritas.

Sebaliknya pemegang saham yang mempunyai kurang dari 50% saham perusahaan diucap selaku pemegang saham minoritas serta mempunyai pengaruh yang sangat kecil terhadap operasional perusahaan sehari-hari. Kepemilikan mereka pula memastikan hak suara mereka di perusahaan serta manajemen. Sebab mereka merupakan owner perusahaan, mereka menerima keuntungan finansial serta mengambil resiko.

Apa Itu Investor

Investor serta pemegang saham masuk ke dalam siklus duit serta mengambil keuntungan. Walaupun berbarengan berorientasi pada keuntungan, ada pula perbedaan di antara keduanya.

Investor merupakan orang yang menanamkan modalnya pada sesuatu perusahaan. Perusahaan yang jadi fokus investor yakni perusahaan yang bisa menaruh asset ataupun uangnya dalam waktu yang lama. Investor pula bisa melihat kualitas serta kuantitas investasi yang dilakukan.

Perbedaan Investor dan Pemegang Saham

Tidak seperti investor, pemegang saham mempunyai saham perusahaan. Saham sendiri pula bisa dijual kepada orang ataupun kelompok lain. Seorang investor mengarahkan aset yang mereka pegang ke arah yang nyata, semacam properti, emas, serta asuransi. Sebaliknya pemegang saham mengacu pada saham perusahaan yang ada.

Baik pemegang saham ataupun investor melihat tujuan serta manfaat yang bisa dicapai. Investor bisa memandang latar belakang perusahaan yang diinvestasikan. Investor pula melihat apa yang mereka miliki kala mereka berinvestasi di perusahaan.

Pemegang saham mempunyai haknya dalam perusahaan yang bersangkutan. Sebab mempunyai saham dalam perseroan, hingga pemegang saham bisa memakai haknya buat kepentingan serta pertumbuhan perseroan. Semacam, misalnya, dalam pemilihan eksekutif.

Dalam pemilihan ini, pendapat serta suara pemegang saham sangat diperlukan. Tidak seperti pemegang saham, investor biasanya tidak bisa berbagi hak di perseroan terbatas. 

Jadi setelah mengetahui prihal perbedaan investor dan pemegang saham, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!