Jenis Investasi Untuk Pemula: Beberapa Model Ini Diklaim Aman Buat yang Lagi Belajar
Jenis Investasi Untuk Pemula (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ide berinvestasi bisa jadi menakutkan jika Anda baru memulai, tetapi ini adalah bagian penting dari menabung untuk berbagai tujuan keuangan dan membangun kekayaan. Anda akan menghadapi banyak lingkungan pasar yang berbeda sepanjang hidup investasi Anda, jadi jangan terlalu terpaku pada apakah sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai jenis investasi untuk pemula.

Tetapi sebelum melakukan investasi apa pun, penting bagi investor baru untuk mengetahui apa toleransi mereka terhadap risiko. Investasi tertentu membawa lebih banyak risiko daripada yang lain dan Anda tidak ingin terkejut setelah melakukan investasi. Pikirkan tentang berapa lama Anda dapat melakukannya tanpa uang yang akan Anda investasikan dan apakah Anda merasa nyaman tidak mengaksesnya selama beberapa tahun atau lebih lama.

Berikut adalah beberapa ide investasi terbaik bagi mereka yang baru memulai.

Ragam Investasi (Unsplash)
Ragam Investasi (Unsplash)

Jenis Investasi Untuk Pemula

Uang tunai

Setoran bank tunai adalah aset investasi yang paling sederhana, paling mudah dipahami—dan paling aman. Ini tidak hanya memberi investor pengetahuan yang tepat tentang bunga yang akan mereka peroleh, tetapi juga menjamin bahwa mereka akan mendapatkan kembali modal mereka.

Pada sisi negatifnya, bunga yang diperoleh dari uang tunai yang disimpan di rekening tabungan jarang mengalahkan inflasi. Sertifikat deposito (CD) adalah instrumen yang kurang likuid, tetapi biasanya memberikan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada yang ada di rekening tabungan. Namun, uang yang dimasukkan ke dalam CD dikunci untuk jangka waktu tertentu (berbulan-bulan hingga bertahun-tahun), dan kemungkinan ada penalti penarikan awal yang bakal muncul.

Obligasi

Obligasi adalah instrumen utang yang mewakili pinjaman yang dibuat oleh investor kepada peminjam. Obligasi tipikal akan melibatkan perusahaan atau lembaga pemerintah, di mana peminjam akan mengeluarkan tingkat bunga tetap kepada pemberi pinjaman sebagai imbalan untuk menggunakan modal mereka. Obligasi adalah hal biasa dalam organisasi yang menggunakannya untuk membiayai operasi, pembelian, atau proyek lainnya.

Suku bunga obligasi pada dasarnya ditentukan oleh suku bunga. Karena itu, mereka banyak diperdagangkan selama periode pelonggaran kuantitatif atau ketika Federal Reserve atau bank sentral lainnya menaikkan suku bunga.

Reksa dana

Reksa dana adalah jenis investasi di mana lebih dari satu investor mengumpulkan uang mereka bersama untuk membeli sekuritas. Reksa dana tidak selalu pasif, karena dikelola oleh manajer portofolio yang mengalokasikan dan mendistribusikan investasi gabungan ke dalam saham, obligasi, dan sekuritas lainnya.

Sebagian besar reksa dana memiliki investasi minimum antara $500 Dolar Amerika Serikat atau USD dan $5.000 USD, dan banyak yang tidak memiliki minimum sama sekali. Bahkan investasi yang relatif kecil memberikan eksposur ke sebanyak 100 saham berbeda yang terkandung dalam portofolio dana tertentu.

Reksa dana terkadang dirancang untuk meniru indeks dasar seperti S&P 500 atau Dow Jones Industrial Average. Ada juga banyak reksa dana yang dikelola secara aktif, artinya mereka diperbarui oleh manajer portofolio yang secara hati-hati melacak dan menyesuaikan alokasi mereka di dalam dana tersebut. Namun, dana ini umumnya memiliki biaya yang lebih besar—seperti biaya manajemen tahunan dan biaya front-end—yang dapat memotong keuntungan investor.

Reksa dana dinilai pada akhir hari perdagangan, dan semua transaksi beli dan jual juga dilakukan setelah pasar tutup.

Dana yang Diperdagangkan di Bursa (ETF)

Dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) telah menjadi sangat populer sejak diperkenalkan pada pertengahan 1990-an. ETF mirip dengan reksa dana, tetapi mereka berdagang sepanjang hari, di bursa saham. Dengan cara ini, mereka mencerminkan perilaku jual-beli saham. Ini juga berarti bahwa nilainya dapat berubah secara drastis selama hari perdagangan.

ETF dapat melacak indeks yang mendasarinya seperti S&P 500 atau sekeranjang saham lainnya yang oleh penerbit ETF ingin menggarisbawahi ETF tertentu. Ini dapat mencakup apa saja mulai dari pasar negara berkembang hingga komoditas, sektor bisnis individu seperti bioteknologi atau pertanian, dan banyak lagi. Karena kemudahan perdagangan dan cakupan yang luas, ETF sangat populer di kalangan investor.

Saham

Saham memungkinkan investor berpartisipasi dalam kesuksesan perusahaan melalui kenaikan harga saham dan melalui dividen. Pemegang saham memiliki klaim atas aset perusahaan dalam hal likuidasi (yaitu, perusahaan akan pailit) tetapi tidak memiliki aset tersebut.

Pemegang saham biasa menikmati hak suara dalam rapat pemegang saham. Pemegang saham preferen tidak memiliki hak suara tetapi menerima preferensi atas pemegang saham biasa dalam hal pembayaran dividen.

Jadi setelah mengetahui jenis investasi untuk pemula, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!