Bagikan:

YOGYAKARTA - Apakah investasi emas cocok untuk pemula? Ada berbagai instrumen investasi yang cocok atau direkomendasikan untuk investor pemula. Salah satunya adalah emas. Emas disebut sebagai salah satu aset investasi aman karena memiliki profil risiko lebih rendah dibanding instrumen investasi lainnya. 

Investor pemula perlu memilih instrumen investasi yang risikonya lebih rendah untuk menghindari potensi kerugian yang bisa menimpa. Apalagi para investor pemula masih belum banyak memahami dan mempelajari wawasan terkait investasi. Emas pun menjadi pilihan yang tepat karena selain risikonya rendah, jenis investasi ini juga mudah dipahami. 

Keuntungan Investasi Emas bagi Pemula

Ada berbagai keuntungan yang bisa dirasakan investor pemula saat melakukan investasi emas. Emas disebut sebagai instrumen investasi yang tahan atau tidak terkena inflasi. Emas memiliki nilai yang membuat harganya tidak turun drastis dan bisa terus naik. 

Berikut ini sejumlah kelebihan investasi emas yang menguntungkan bagi investor pemula:

Risiko Rendah

Salah satu alasan mengapa banyak orang memiliki investasi emas karena risikonya lebih rendah dibanding instrumen investasi lainnya, seperti saham, obligasi, dan lainnya. Emas jarang mengalami penurunan secara signifikan setiap tahunnya. Berbeda dengan saham yang mana bisa mengalami penurunan drastis karena harganya bersifat dinamis. 

Emas hanya mengalami perubahan statis dalam jangka pendek. Oleh karena itu, instrumen investasi ini cocok dipilih oleh pemula. Dengan profil risiko yang rendah, investor pemula tidak perlu mencemaskan potensi kerugian.

Nilai Cenderung Stabil

Kelebihan lain dari emas adalah nilainya yang cenderung stabil dari waktu ke waktu. Harga emas bisa tetap stabil karena adanya permintaan dan penawaran pada pasar yang jelas. Emas bahkan juga menjadi gaya hidup bagi banyak orang. Jadi saat permintaan emas masih tinggi, maka risiko turunnya harga emas pun sangat minim. 

Dalam beberapa tahun ini harga emas terus mengalami peningkatan mencapai 10%. Sebagai investor pemula, Anda tidak perlu terlalu memikirkan risiko kerugian karena harga emas cenderung stabil. Bahkan saat resesi atau inflasi pun, nilai emas tidak terlalu terkeda dampaknya. 

Mudah Dicairkan

Keuntungan lain dari berinvestasi emas adalah mudah dicairkan dalam bentuk uang tunai. Hal ini cocok bagi investor pemula yang belum ingin berinvestasi secara jangka panjang. Emas bersifat menyerupai tabungan konvensional. Jadi apabila sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana, Anda bisa mencairkan logam mulia Anda menjadi uang. 

Bebas Bunga 

Investasi emas juga bebas dari beban bunga, sehingga cocok untuk investor pemula. Biasanya saat ingin melakukan investasi di instrumen lainnya, seorang investor harus menghitung selisih nilai aset karena adanya bunga. Bahkan selisihnya bisa nilai aset dan hasil yang diterima bisa cukup signifikan. 

Dalam investasi emas, Anda tidak perlu memikirkan hal tersebut karena logam mulia ini bebas dari bunga. Jadi ketika melakukan transaksi penjualan, nilai emas yang Anda cairkan tetap setara dengan yang Anda miliki.

Bisa dari Modal Kecil 

Investasi emas cocok bagi pemula karena bisa dimulai dengan modal kecil. Saat ini ada banyak penyedia investasi emas yang menjual logam mulia dengan harga yang terjangkau, ada yang mulai dari Rp10.000 atau 0,01 gram. Itulah mengapa emas cocok bagi pemula yang belum berani berinvestasi dalam jumlah besar. 

Bahkan saat ini ada dua jenis emas, yakni emas fisik dan emas digital. Emas fisik merupakan logam mulia yang selama ini diperjualbelikan di pasaran. Investasi emas fisik bisa dimulai dengan variasi denominasi yang beragam, mulai dari 0.5 gram. Semakin kecil denominasinya maka harga dasarnya pun semakin mahal juga. 

Sementara investasi digital adalah produk logam mulia yang bersifat digital atau tidak berwujud fisik. Produk investasi ini hadir mengikuti perkembangan era teknologi digital. Investasi emas digital juga sangat terjangkau karena bisa dimulai dari Rp50.000. 

Demikianlah jawaban dari pertanyaan apakah investasi emas cocok untuk pemula. Emas adalah instrumen investasi yang sangat direkomendasikan untuk pemula yang baru mulai berinvestasi.

Emas memiliki risiko yang lebih rendah serta lebih aman dari berbagai potensi kerugian. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.